6 Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayur

Tips Sehat dan Cantik - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa buah dan sayur itu termasuk kedalam jenis makanan yang menyehatkan dan bermanfaat banyak bagi tubuh manusia. Tidak hanya sebatas rasanya yang enak, buah dan sayur juga sangat baik guna membantu Anda untuk menjaga kesehatan, kebugaran, bahkan bisa juga untuk menangkal beragam jenis penyakit.

Meskipun begitu, ada satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh buah dan sayur, yakni membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya. Mungkin terdengarnya cukup aneh bagi Anda, tapi sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran tidak bisa digunakan untuk menurunkan lebih banyak lemak yang ada dalam tubuh.

6 Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayur
Meskipun demikian, tetap saja manfaat yang bisa kita ambil dari mengonsumsi buah dan sayur tetaplah banyak. Nah, dibawah ini setidaknya ada 6 manfaat mengonsumsi buah dan sayur yang bisa Anda peroleh, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Menurunkan tekanan darah
Buah-buahan seperti halnya pisang mempunyai kandungan potasium yang cukup tinggi dan itu sangat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah. Selain buah pisang, ada juga beberapa jenis buah lainnya yang mengandung potasium yang cukup tinggi, diantaranya adalah kentang, jus wortel, bit, dan yang lainnya.

2. Menurunkan kolesterol
Buah-buahan yang mempunyai kandungan serat diet juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan sekaligus menurunkan risiko terserang penyakit jantung. Tidak hanya itu, serat dalam buah juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda bisa mencoba mengonsumsi buah seperti pear atau sayuran bayam dan labu untuk menurunkan jumlah kolesterol.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C nya. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, Anda pun akan terlindungi dari penyakit jantung dan mata. Selain buah jeruk, buah-buahan yang menjadi sumber vitamin C pun masih banyak, seperti jambu, kiwi, lemon, dll.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Susu memang mengandung kalsium yang tinggi. Namun, untuk mendapatkan kalsium tidak selamanya harus dengan minum susu. Buah dan sayur bisa menjadi jalan alternatif untuk Anda dalam memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Untuk mempunyai tulang dan gigi yang sehat, cobalah konsumsi sayuran seperti bayam, kale, serta sayuran lobak. Sayuran tersebut mengandung kalsium yang amat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Mencegah penyakit tua
Memang ada yang namanya penyakit tua? Penyakit tua itu merupakan sebuah istilah karena semakin tua seseorang biasanya semakin rentan pula untuk terkena berbagai macam penyakit. Untuk memperkecil risiko tersebut, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan flavonoid yang bernama anthocyanin. Antioksidan tersebut sangat berguna untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia serta penyakit serius lainnya, seperti kanker, diabetes, stroke, penyakit jantung, dll. Antioksidan seperti ini biasanya tersimpan pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah dan biru, seperti blueberry, berry, strawberry, kubis merah, dan terung.

6. Melindungi dari alergi
Pada saat mengonsumsi buah apel disarankan untuk mengonsumsinya sekaligus dengan bagian kulitnya. Kulit apel mengandung antioksidan yang memiliki antihistamine. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi lima apel dalam seminggu disertai dengan bagian kulitnya, memiliki paru-paru yang lebih baik dan lebih terlindungi dari alergi.

Sebetulnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah dan sayuran. Namun, cukup sekian dulu yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga artikel kali ini bisa memberikan wawasan baru lagi untuk Anda.