10 Cara Mudah Untuk Merawat Kesehatan Mata

Terkadang banyak diantara kita yang lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk kedalam salah satu dari lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Mungkin mereka lupa merawat atau tidak merawat kesehatan mata karena mereka tidak mengetahui bagaimana cara untuk merawat kesehatan mata. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia ini, begitu pun dengan wajah orang-orang terdekat diantara kita.

kesehatan mata

Sebetulnya ada banyak cara untuk menjaga agar mata kita tetap sehat dan berfungsi secara optimal. Dibawah ini terdapat 10 cara yang bisa Anda coba untuk merawat kesehatan mata Anda, diantaranya :

1. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Mengapa kita perlu menghindari pemakaian lensa yang begitu lama? karena, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan mata secara permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda, serta jangan pula memakai kacamata terlalu lama juga ya.

2. Perbanyak makan buah-buahan dan sayur mayur
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan beta karoten. Fungsinya adalah untuk membantu dalam menjaga kesehatan mata Anda.

3. Gunakanlah mentimun
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut diatas kelopak mata selama kurang lebih sekitar 10 menit sebelum Anda beranjak tidur di malam hari untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

4. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya boleh dilakukan sesekali saja. Apabila berlebihan, itu akan merusak kesehatan mata Anda.

5. Hindari duduk terlalu lama didepan komputer
Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata Anda menjadi lelah.

6. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Gunakanlah lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekedar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

7. Gunakan kacamata di saat yang tepat
 Pastikan untuk memakai kaca mata atau memakai pelindung mata lainnya ketika Anda bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup
Selain tulisan akan terasa sulit untuk dibaca, hal tersebut juga bisa membuat mata Anda menjadi lebih tegang. Bila terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahatlah.

9. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan lasung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena bisa merusak mata Anda.

10. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai
Cobalah memfokuskan mata pada suatu objek yang dekat dengan diri Anda, sebuah objek yang agak jauh. Ulangilah proses ini beberapa kali.

Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Kemudian jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Itulah sepuluh cara untuk menjaga kesehatan mata. Ingat, mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati. Pastikan Anda untuk selalu merawat kesehatan mata Anda. Jangan sampai penyesalan Anda datang dikemudian harinya. Selamat mencoba ya!