Jaga Kesehatan Tulang Anda Dengan 6 Cara Ini

Diibaratkan dengan rumah, maka tulah adalah merupakan pondasinya. Tanpa tulang manusia tidak akan mampu untuk berdiri tegak. Bila dibandingkan dengan pria, maka wanita lebih rentan untuk terkena masalah yang berkaitan dengan kesehatan tulang seperti osteoporosis. Penyakit osteoporosis bisa mengakibatkan tulang patah dan juga nyeri sendi. Oleh karena itu, untuk menghindari masalah kerusakan tulang, Anda terutama wanita maka untuk menjaga kesehatan tulang sangatlah perlu diperhatikan.

Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini.

1. Olahraga
Salah satu cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan cara berolahraga. Olahraga secara rutin setiap hari dengan durasi minimal 30-40 menit bisa mengurangi risiko osteoporosis. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau latihan angkat beban.

2. Berjemur
Selain dengan berolahraga, Anda juga membutuhkan yang namanya vitamin D. Kebutuhan vitamin D sangatlah penting untuk kekuatan tulang, vitamin D ini bisa kita dapatkan dengan gratis lho, yaitu dengan cara berjemur di pagi hari dan sore hari.

3. Diet sehat
Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan kalsium dan protein akan meningkatkan kesehatan tulang Anda. Untuk mendapatkan kalsium yang memadai untuk kebutuhan tulang, buah dan sayuran bisa Anda tambahkan dalam menu diet Anda.

4. Mengontrol berat badan
Berat badan yang seimbang bisa di kontrol dengan selalu menerapkan pola makan yang sehat. Berat badan sangat berpengaruh terhadap kesehata tulang, oleh karena itu jagalah berat badan Anda agar tidak sampai obesitas.

5. Kurangi kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti hal nya merokok, minum-minuman beralkohol, dan mengonsumsi junk food wajib dikurangi demi kesehatan tulang Anda. Kebiasaan buruk seperti ini dapat mengurangi kepadatan tulang Anda.

6. Berkonsultasi dengan dokter
Cara yang terakhir adalah dengan berkonsultasi ke dokter  tulang yang bisa membantu Anda untuk melihat apakah Anda mempunyai riwayat keluarga yang terkenan osteoporosis sebelumnya. Selain itu, dengan berkonsultasi Anda bisa meminimalisir efek daripada osteoporosis yang kemungkinan bisa Anda alami di usia tua.

Jagalah kesehatan tulang Anda kini dan nanti, karena tulang mempunyai peranan yang sangat penting sekali bagi tubuh manusia. Lakukanlah 6 langkah tersebut agar Anda terhindar dari masalah kerusakan tulang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!