5 Manfaat Kesehatan dari Menangis

Tips Sehat dan Cantik - Menangis merupakan salah satu hal yang manusiawi yang sudah pasti pernah dialami oleh setiap orang. Meskipun pada umumnya orang yang lebih sering untuk menangis adalah kaum perempuan, namun kaum pria juga pernah mengalami yang namanya meneteskan air mata. Dalam kondisi tertentu seringkali kita diharuskan untuk meneteskan air mata, baik itu ketika kita mengalami musibah atau pun kebahagiaan yang disebabkan oleh rasa haru yang sangat sehingga membuat seseorang meneteskan air matanya.

Didalam dunia medis, menangis merupakan salah satu cara alami yang dilakukan oleh tubuh sebagai salah satu cara untuk mengungkapkan sebuah emosi. Menangis itu bukanlah suatu yang buruk. Karena, akhir-akhir ini telah banyak fakta yang justru menangis itu sangat baik untuk kesehatan.

Nah, berikut ini terdapat beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menangis. Simak baik-baik ya!

5 Manfaat Kesehatan dari Menangis
1. Menyehatkan mata
Ketika Anda menangis, air mata akan membasahi pipi. Namun, sebelum membasahi pipi ia akan terlebih dahulu membasahi bola mata Anda dan kelopak mata. Hal ini sangat berguna untuk mencegah bola mata dari kekeringan. Selain itu, air mata juga dapat mencegah dehidrasi pada membran mukus seseorang. Hal ini tentu akan meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Untuk menjaga kesehatan mata dengan lebih baik lagi, Anda bisa membaca artikel kami lainnya di 10 Cara Mudah Untuk Merawat Kesehatan Mata

2. Meningkatkan mood
Menangis dapat meningkatkan mood seseorang dengan cara menurunkan tingkat mangan yang ada didalam tubuh. Tingkat mangan yang berlebihan dalam tubuh seseorang akan memicu untuk membuat perasaan seseorang menjadi cemas, emosi buruk, agresivitas, dan mood buruk yang lainnya.

3. Melindungi dari bakteri
Setiap harinya mata kita terpapar berbagai macam bakteri yang terdapat pada lingkungan dan sesekali bakteri-bakteri tersebut dapat berdiam diri di sekitar mata Anda. Dengan keluarnya air mata, hal itu akan membantu Anda untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut. Ini dikarenakan air mata mengandung cairan yang bernama lysozyme. Seseorang yang menangis selama 5-10 menit mampu membunuh bakteri hingga 90-95%.

4. Menurunkan stres
Untuk menghilangkan stres bisa dilakukan dengan cara melakukan olahraga. Namun, tahukah Anda bahwa dengan menangis pun stres yang dirasakan bisa mereda, lho. Beberapa ahli telah menemukan bahwa ketika menangis, air mata akan menghilangkan zat kimia yang terkumpul dalam tubuh seperti endorfin, leucin-enkaphalin, dan prolactin yang dapat memicu stres dan memperburuk mood seseorang. Baca juga artikel kami yang membahas tentang Ternyata, Olahraga Lari Bisa Meredakan Stres

5. Sebagai terapi
Menangis dapat menjadi salah satu terapi untuk membantu Anda dalam mengatasi perasaan negatif yang sedang dirasakan. Misal, ketika Anda mengalami suatu konflik cobalah Anda untuk menangis guna mengurangi perasaan negatif tersebut. Mengurangi perasaan negatif disinyalir bisa membantu kesehatan Anda. Pasalnya, perasaan negatif yang berkumpul seringkali mampu memberikan tekanan pada kesehatan saraf dan kardiovaskular Anda. Sehingga, melepaskan perasaan negatif tersebut akan menjaga kesehatan saraf dan kesehatan jantung.

Itulah 5 manfaat kesehatan dari menangis yang bisa Anda dapatkan. Bila dalam kondisi tertentu mengharuskan Anda untuk menangis, misalnya ketika sedang stres, mood sedang buruk, dan semacamnya. Cobalah untuk menangis guna membantu menyehatkan mata, saraf, jantung, dan meningkatkan mood Anda. Semoga bermanfaat ya!