7 Tips Cantik Alami Dengan Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tumbuh didaerah tropis. Pisang yang merupakan makanan favorit monyet ini merupakan salah satu makanan yang mengandung cukup banyak nutrisi. Beberapa kandungan yang terdapat pada buah pisang ini antara lain adalah vitamin A, B, C dan E. Selain itu, ada juga potasium, zinc, zat besi dan mangan. Mengkonsumsi buah pisang dalam sehari mampu memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung 75% cairan, sehingga menjadikan buah pisang mudah untuk diolah oleh sistem pecernaan kita.

7 Tips Cantik Alami Dengan Buah Pisang

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah pisang juga sangat baik untuk menjaga kecantikan. Vitamin C dan B6 yang terkandung didalamnya sangat bagus untuk menjaga elastisitas kulit. Disamping itu, buah pisang juga mampu menutrisi rambut yang rusak dan juga kering serta bisa juga untuk mengobati jerawat dan alergi di kulit.

Nah, dibawah ini ada beberapa manfaat lainnya yang tentunya sangat berguna sekali untuk menjaga kecantikan.

1. Pelembab alami
Vitamin A yang terkandung didalamnya dapat mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit Anda serta bisa juga untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering dan rusak.

Untuk membuat pelembap dari pisang, caranya adalah haluskan satu buah pisang yang matang, dan oleskan ke wajah Anda. Hindari kontak dengan mata. Biarkan selama kurang lebih 20 atau 25 menit kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Anda akan merasakan kulit Anda menjadi lebih halus dan lembuh. Jika kulit Anda termasuk yang sangat kering, tambahkan lagi satu sendok makan madu dalam masker pisang tadi.

2. Menjadikan kulit bercahaya
Buah pisang mengandung banyak vitamin C. Seperti yang Anda telah ketahui kalau vitamin C dapat menjadikan kulit bercahaya alami. Untuk menjadikan kulit Anda bercahaya, buatlah masker yang terdiri dari daging buah pisang yang sudah dihaluskan dan perasan jeruk lemon. Oleskan di wajah Anda dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Masker ini juga bisa untuk menyamarkan bintik hitam di wajah akibat paparan sinar ultra violet.

3. Mengangkat sel kulit mati
Antioksidan yang terdapat pada buah pisang bisa digunakan untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit. Bila dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain, buah ini bisa menjadi scrub yang ampun untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

4.  Melawan tanda-tanda penuaan dini
Nutrisi yang terdapat pada buah pisang bisa melawan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis tawa yang mulai bermunculan di wajah Anda. Untuk menjadikan wajah lebih awet muda, Anda bisa membuat sendiri masker dari daging buah pisang. Haluskan satu buah pisang dan alpukat kemudian oleskan di wajah Anda. Diamkan hal tersebut kurang lebih selama 25 menit. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Facial dengan pisang dan alpukat kaya akan vitamin A dan E yang menjadikan kulit Anda tetap awet muda.

5. Merawat kulit kaki
Kandungan pelembap alami dalam buah pisang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik kulit tumit yang pecah-pecah. Untuk merawat kecantikan kulit kaki, Anda tinggal menghaluskan dua buah pisang, kemudian oleskan pada kulit tumit yang kering. Pijat perlahan-lahan kemudian diamkan sampai 10 menit. Cairan yang terdapat dalam buah pisang lumat tadi akan meresap ke dalam bagian kulit Anda, serta melembutkan permukaan kulit tumit yang pecah-pecah. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan air hangat.

6. Menjadikan rambut lebih halus
Untuk membuat rambut Anda terasa lebih halus, gunakanlah buah pisang dengan cara menghaluskannya. Kemudian campurkan dengan minyak almond atau minyak kelapa. Diamkan campuran tadi sebagai masker rambut selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Masker yang telah dibuat tadi akan menutrisi rambut Anda dan memperbaiki kondisi batang rambut yang telah rusak jika dipakai secara rutin.

7. Mengurangi jerawat
Sudah tahu belum kalau ternyata buah pisang ini bisa juga digunakan untuk mengurangi jerawat yang ada pada wajah lho. Untuk mengurangi jerawat secara alami, Anda tinggal memotong kulit buah pisang lalu oleskan bagian dalamnya ke kulit wajah.

Usapkan dengan lembut ke seluruh bagian wajah Anda kurang lebih selama 5 menit atau sampai bagian dalam kulit pisang tadi berubah warna menjadi kecoklatan. Biarkan olesan kulit pisang tadi mengering di atas jerawat Anda. Setelah itu baru dibersihkan dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setidaknya sehari tiga kali agar efeknya segera terlihat.

Itulah 7 tips cantik alami dengan buah pisang sebagai bahan alaminya. Apabila Anda hendak mencoba tips diatas, pastikan untuk menggunakan buah pisang yang matang. Buah pisang yang sudah benar-benar masak biasanya mengandung lebih banyak nutrisi bila dibandingkan dengan pisang hijau. Selamat mencoba ya!