Manfaat Kubis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kubis adalah sejenis tumbuhan sayuran daun yang cukup populer. Sebutan untuk jenis sayuran ini memang cukup beragam, ada yang menyebutnya kol, kobis, atau pun kobis bulat. Namun, untuk di wilayah kami khususnya suku sunda, sebutan yang paling umum untuk jenis sayuran ini adalah kol.

Kubis atau kol ini seringkali hadir pada jenis masakan tertentu sebagai lalapan atau pun salad. Salah satu menu makanan yang menggunakan kubis adalah pecel. Jenis sayuran yang ditengarai berasal dari Asia dan Timur Tengah ini dikenal sangat baik untuk pencernaan dikarenakan ia mengandung serat pangan yang mudah larut.

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Kandungan gizi yang tersimpan pada sayuran kubis diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, kubis juga mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium, kalsium, natrium, fosfor, dan zat besi. Untuk kubis yang segar, ia juga mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan glutation, yaitu zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Kubis sendiri ternyata memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaat kubis untuk kesehatan dan kecantikan bisa Anda simak seperti dibawah ini.

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan

1.Kubis hijau diketahui memiliki kalori yang cukup rendah serta mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Hal ini sangat cocok sekali untuk Anda yang sedang menjalani program diet namun tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak kalori.

2. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa kubis mengandung zat anti-kanker. Mengonsumsi kubis dapat memberikan tubuh flavonoid yang dapat melindungi tubuh Anda dari kanker.

3. Kubis mengandung vitamin A yang bisa membantu dalam menjaga sekaligus menyehatkan mata. Mengonsumsi kubis sejak kecil akan mengurangi kemungkinan seseorang untuk memakai kacamata pada saat ia telah dewasa.

4. Selain vitamin A, kubis juga mengandung vitamin E yang bertugas sebagai elemen penting dalam perbaikan sel dan jaringan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin E didalam kubis dapat memperlancar sistem metabolisme. Selain itu, kubis juga dapat meningkatkan lebih banyak antibodi.

5. Sejak dahulu, kubis telah digunakan untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan adanya zat glutamine yang ada dalam kubis dan bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi jus kubis.

6. Mengonsumsi kubis juga bisa meminimalisir terjadinya penyakit alzheimer. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa zat didalam kubis bisa mencegah penyakit alzheimer dan bahkan bisa menyembuhkan pasien yang sudah terkena alzheimer.

7. Kubis kaya akan sulfur dan beberapa jenis mineral lainnya yang berfungsi sebagai pembersih sistem pencernaan manusia. Mengonsumsi kubis akan mencegah konstipasi.

8. Mengonsumsi kubis dalam bentuk jus mampu mengatasi gejala radang lambung. Hasil ini didapat berdasarkan sebuah studi yang telah dilakukan di Stanford University School of Medicine bahwa kubis mengandung glutamin yang cukup tinggi.

Manfaat Kubis Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kubis juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan seperti dibawah ini.

1. Menghaluskan kulit
Kandungan nutrisi dalam kubis bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Gunakanlah masker yang terbuat dari bahan alami seperti kubis untuk merawat wajah Anda. Caranya, kukus beberapa lembar kubis hingga lunak, kemudian peras dengan menggunakan handuk kering dan bersih hingga semua cairan yang ada didalam kubis berpindah ke handuk. Setelah itu, gunakanlah untuk kompres wajah. Diamkan semalaman, kemudian bilas wajah Anda sampai bersih. Untuk mencerahkan kulit, Anda bisa simak artikel kami lainnya di cara alami cerahkan kulit wajah

2. Merangsang pertumbuhan rambut
Vitamin A yang ada pada kubis tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata saja, tetapi ia juga berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Buatlah masker rambut dari setengah buah kubis yang sudah Anda haluskan. Lalu, campurkan dengan air perasan jeruk lemon. Kemudian gunakan untuk masker rambut. Supaya bisa meresap dengan sempurna, pijatlah kulit kepala Anda secara lembut. Setelah itu, baru bilas dengan air bersih.

3. Mencegah rambut rontok
Untuk mencegah rambut rontok, padukan dengan timun yang kaya akan silikon dan sulfur sehingga Anda mendapatkan creambath essence yang ampuh untuk memperkuat rambut. Campurkan 30 ml jus kubis dan 30 ml jus timun. Kemudian, gunakan untuk masker rambut. Pijatlah kulit kepala Anda lembut supaya nutrisinya bisa terserap dengan sempurna. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan air sampai bersih. Cara lain untuk mengatasi masalah rambut rontok silahkan baca artikel kami di cara merawat dan mengatasi rambut rontok

4. Mencegah jerawat
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kubis mengandung sulfur yang ternyata dikenal ampuh untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan masker dari jus kubis. Untuk penggunaanya sendiri sangatlah sederhana sekali, Anda tinggal mencampurkan sedikit jus kubis kedalam masker alami yang biasa Anda gunakan, misalnya masker lemon, masker wortel, masker apel, dll.

Itulah beberapa manfaat kubis untuk kesehatan dan kecantikan. Perlu diketahui juga bahwa kubis itu terdiri dari kubis merah dan kubis hijau. Selama ini kubis merah dianggap lebih menyehatkan ketimbang kubis hijau. Oh iya, jangan terlalu banyak juga untuk mengonsumsi kubis karena bisa menimbulkan gas berlebih. Sekian informasinya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!