7 Macam Cara Untuk Atasi Sakit Gigi

Didunia ini ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sakit gigi, mulai dengan menggunakan obat-obatan kimia hingga ramuan tradisional pun tersedia. Anda tinggal pilih saja pengobatan mana yang dirasa cocok untuk Anda.

Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi masalah sakit gigi adalah dengan menghilangkan rasa sakit itu sendiri. Caranya adalah dengan mencabut gigi yang bermasalah. Namun, bila Anda tidak ingin melakukannya, maka beberapa cara dibawah ini patut untuk Anda coba.

Cara Untuk Atasi Sakit Gigi

1. Jeruk nipis
Untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi, gunakanlah perasan air jeruk nipis. Kemudian, oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit setiap 10 menit sekali sampai perasan air jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada gigi.

2. Garam
Dengan kandungan yodium yang begitu tinggi, garam bisa digunakan untuk meringankan rasa ngilu pada gigi. Caranya adalah memasakukan garam kedalam air hangat. Aduk sampai rata, kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Berkumurlah sampai Anda merasa nyaman dan tidak terlalu terasa sakit.

3. Belimbing wuluh
Apabila disekitar Anda terdapat belimbing wuluh, Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat sakit gigi. Caranya adalah ambil beberapa belimbing wuluh dan cuci sampai bersih. Makanlah belimbing wuluh tersebut dengan di campur garam. Kunyahlah dengan menggunakan gigi Anda yang sedang sakit.

4. Bawang merah
Bawang merah mengandung enzim yang bisa membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut. Jadi Anda akan memperoleh manfaat lain dengan menggunakan bawang merah ini yakni mengatasi sakit gigi sekaligus membasmi kuman.

5. Bawang putih
Potong halus 1 siung bawang putih, kemudian taburkan dengan sedikit garam. Kunyahlah didaerah yang terasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk terapi memperkuat struktur gigi Anda.

6. Cabai Hijau
Ambilah cabai hijau secukupnya, lalu potong sedikit ujungnya kemudian dibakar. Setelah panas, tempelkan cabai tersebut pada bagian gigi yang terasa sakit. Lakukanlah hal tersebut secara teratur sampai rasa sakit pada gigi menghilang.

7. Tepung lada
Jagalan kebersihan gigi Anda dengan tepung lada. Caranya gunakan sedikit tepung lada dengan mencampurkan 1/4 sendok teh garam. Bila digunakan secara teratur, hal ini bisa mencegah gigi Anda berlubang, nafas tidak sedap, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan rasa sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi.

Itulah 7 cara mudah yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Apabila dengan cara tersebut rasa sakit pada gigi belum juga menghilang, sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih cocok.