7 Tips Sederhana Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tips Sehat dan Cantik - Tekanan darah tinggi (hipertensi) atau terkadang disebut juga dengan hipertensi arteri merupakan suatu kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan yang terjadi membuat organ jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah normal pada saat seseorang sedang beristirahat dalam kisaran sistolik adalah 100-140 mmHg sedangkan dalam kisaran diastolik adalah 60-90 mmHg. Tekanan darah tinggi dapat terjadi apabila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Menderita tekanan darah tinggi memang sungguh merepotkan dan seharusnya memang harus mempunyai perawatan untuk dapat menurunkan tekanan darah ke batas tekanan darah normal. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda tidak tidak serta-merta harus selalu mengatasinya dengan menggunakan obat-obatan, apalagi sampai harus mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, betul tidak?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin membuat tekanan darahnya kembali pada batas normal. Beberapa cara diantaranya akan kami sampaikan seperti dibawah ini. Berikut 7 tips sederhana turunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda lakukan.

1.Menurunkan berat badan
Salah satu dari sekian banyak penyebab mengapa seseorang bisa menderita tekanan darah tinggi adalah kegemukan. Dengan menurunkan berat badan setidaknya sekitar 10% saja, hal tersebut dapat membantu Anda untuk mencegah tingginya tekanan darah.

2. Makanan kaya akan nutrisi
Beberapa jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan misalnya mentimun, semangka, melon, dan belimbing adalah makanan yang sangat tepat dalam rangka menurunkan tekanan darah. Tidak perlu berlebihan asalkan dikonsumsi secara rutin tekanan darah tinggi pun akan berangsur-angsur mengalami penurunan.

3. Jogging dipagi hari
Semua orang setuju bahwa jogging dipagi hari itu sangatlah menyehatkan. Namun, jogging juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah secara perlahan. Anda bisa melakukannya sendiri atau di dampingi dengan pasangan hidup Anda untuk menikmati udara segar.

4. Bersepeda
Bersepeda sangatlah menyenangkan sekali apalagi hal tersebut dilakukan bersama-sama baik itu dengan keluarga atau pun sahabat Anda. Cukup dengan melakukannya selama 30 menit untuk bisa memperoleh hasil pada penyakit hipertensi Anda. Latihan seperti ini juga merupakan salah satu olahraga kardio yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Fitness atau gym
Kalau Anda termasuk orang yang tidak suka berolahraga diluar ruangan, maka tempat fitness atau gym merupakan tempat yang tepat sebagai jalan alternatifnya. Anda dapat melakukan latihan angkat beban ringan untuk mengawali latihan dan mengatur pernapasan agar bisa mengontrol tekanan darah.

6. Berenang dan menyelam
Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan dengan tenang tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Dengan mengatur napas dan menahan napas, Anda akan memberikan terapi alami terhadap tekanan darah yang secara berkala dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

7. Hindari garam
Bagi yang sudah terlanjur menderita tekanan darah sebaiknya harus menghindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Hal ini dikarenakan garam mampu meningkatkan tekanan darah pada seseorang.

Semua jenis olahraga kardio sangatlah baik untuk menjaga kesehatan jantung serta membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. Sebelum melakukan olahraga biasakan awali terlebih dahulu dengan melakukan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Untuk yang masih pemula, bisa melakukan olahraga sekitar 30 menit saja. Kalau sudah terbiasa, Anda bisa menambahkannya 5 menit secara berkala.

Itulah 7 tips sederhana turunkan tekanan darah tinggi, apabila informasinya menarik dan bermanfaat jangan lupa untuk memberikan likenya dan bantu membagikannya ke teman-teman Anda.