Tips Cantik Alami Dengan Wortel

Sejak 5000 tahun yang lalu, sayuran wortel mempunyai rasa agak langu ketika masih mentah, namun berasa manis ketika sudah dimasak. Tahukah Anda bahwa wortel itu dulunya tidaklah berwarna oranye seperti sekarang ini. Melainkan berwarna merah, hitam, kuning, dan warna yang paling dominan adalah berwarna ungu. Terus kenapa bisa berubah warna menjadi oranye? Wortel yang berwarna oranye seperti yang kita kenal ini dikembangkan oleh belanda.

Sayuran akar yang mempunyai tekstur renyah ini dikenal baik untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu, wortel juga kaya akan beta karoten, vitamin C, vitamin K, serat, mineral, dan antioksidan. Anda pasti sudah tahu manfaat mengonsumsi sayuran yang satu ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, bukan hanya untuk kesehatan saja, melainkan untuk kecantikan pun bisa kita dapatkan dari wortel. Silahkan simak 5 manfaat wortel bagi perawatan kecantikan Anda.

Tips Cantik Alami Dengan Wortel

1. Melawan tanda-tanda penuaan dini
Selain kaya akan vitamin A, wortel juga mempunyai kandungan vitamin C yang bisa merangsang produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen sendiri diperlukan untuk menjaga kekenyalan kulit Anda, mencegah timbulnya kerutan dan menghalangi proses penuaan.

Vitamin A mempunyai peranan lain yakni sebagai antioksidan yang bisa melawan radikal bebas yang bisa menjadikan kulit menua lebih cepat. Sementara beta karoten dalam wortel bisa mencegah terjadinya kerusakan sel, sehingga akhirnya memperlambat proses penuaan kulit.

2.  Melindungi kulit kepala dari pengaruh buruk sinar matahari
Kandungan beta karoten yang terdapat pada wortel bisa memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak karena terpapar oleh sinar ultra violet, juga berperan sebagai tabir surya alami yang bisa menjaga kulit Anda saat harus beraktivitas di bawah sinar matahari.

Antioksidan dan karotenoid didalamnya juga mampu meningkatkan ketahanan kulit  dari efek buruk sinar matahari. Karena itu, jika Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari, rajin-rajinlah minum jus wortel.

3. Menjadikan kulit lebih bercahaya
Konsumsi wortel secara teratur bisa menjadikan kulit Anda sehat dan bercahaya. Kandungan potasium, vitamin C dan antioksidan di dalamnya mampu menutrisi kulit Anda dan menjadikannya tetap sehat. Potasium juga bisa mengganti cairan yang hilang dari kulit.

Agar kulit bercahaya Anda bisa membuat masker wajah dengan menggunakan wortel. Caranya, parut satu batang wortel, campurkan dengan madu, kemudian oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Mengatasi masalah kulit
Wortel bisa mencegah berbagai masalah kulit seperti jerawat, ruam-ruam, dan dermatis. Antioksidan dari vitamin A didalamnya efektif untuk mencegah maupun menyembuhkan permasalahan kulit tersebut. Dengan meminum jus wortel secara rutin, tidak hanya jerawat yang hilang, bekat jerawat pun jadi lebih cepat tersamarkan.

5. Menjadikan rambut lebih subur
Wortel sangat cocok untuk mencegah kerontokan rambut karena vitamin-vitamin penting didalamnya dapat menjadikan batang rambut lebih kuat, tebal, dan berkilau. Dengan mengkonsumsi jus wortel, rambut akan ternutrisi dari dalam, sehingga tumbuh lebih sehat dan juga kuat. Vitamin C dan E didalamnya akan membuat peredaran darah di kulit kepala lebih lancar, sehingga menjadikan rambut lebih cepat tumbuh dan mencegah uban.

Informasi kali ini semoga bermanfaat ya, setidaknya hal ini bisa menambah wawasan baru bagi kita.