Cara Mudah Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan salah satu kunci kesehatan Anda. Semakin baik sistem kekebalan tubuh Anda, semakin Anda terhindar dan tidak mudah untuk terserang penyakit. Sistem kelebalan tubuh merupakan prisai atau pertahanan guna membantu Anda untuk melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme penyebab penyakit.

Cara Mudah Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dibawah ini ada 5 cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

1. Kurangi konsumsi daging merah
Daging merah memang tinggi akan protein. Namun, mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itu, kurangi konsumsi daging merah dan cobalah ganti dengan produk unggas, makanan laut, atau pun kacang-kacangan untuk memenuhi asupan protein.

2. Minum banyak air
Air memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu dari sekian banyak manfaatnya adalah bisa memberikan energi pada otot dan mampu menyeimbangkan kacar cairan dalam tubuh. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman berkarbonasi yang bisa merampas cairan di dalam tubuh.

3. Perbanyaklah waktu istirahat
Sesibuk apapun jadwal Anda, sepadat apapun kegiatan Anda, usahakan selalu untuk menyisihkan waktu untuk bersitirahat. Sebab, tidur merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidur juga akan memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk melakukan regenerasi sel.

4. Selalu makan makanan sehat
Umumnya, kebanyakan orang lebih cenderung tidak menjada apa yang mereka makan sampai kemudian mereka jatuh sakit. Padahal cara terbaik agar Anda tidak mudah sakit adalah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat dan segar. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung zat antioksidan tinggi seperti seledri, apel, kambang kol, brokoli, dan paprika untuk membantu pertahanan sistem kekebalan tubuh yang baik.

5. Ubah gaya hidup Anda
Stres, merokok, kurang berolahraga dan beberapa pola kehidupan yang tak sehat lainnya sebaiknya Anda hindari. Sebab, pola hidup yang tak sehat bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah serta membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap serangan virus dan bakteri.

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan seimbang memang tidak semudah dengan membalikan telapak tangan. Namun, hal ini harus Anda upayakan agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan Anda terhindar dari berbagai serangan penyakit yang bisa merugikan Anda nantinya. Selamat mencoba!