Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik – Di postingan sebelumnya, kami telah berbagi informasi kepada Anda mengenai manfaat durian untuk kesehatan. Nah, pada hari ini kami akan membahas tentang manfaat buah jeruk yang mungkin sudah banyak pula di bahas di beberapa website. Namun, karena buah yang satu ini selalu menarik untuk di ulas, maka tidak ada salahnya kami sampaikan pula disini tentunya dengan informasi yang agak berbeda dengan yang lainnya.

Buah jeruk sejatinya berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Untuk jeruk manis dan lemon, berasal dari Asia Timur. Sedangkan jeruk nipis, bali, dan jeruk purut berasal dari kawasan Asia Tenggara. Buah jeruk memang sangat populer keberadaannya. Hal ini terlihat jelas bahwa buah jeruk seringkali digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk pangan, wewangian, maupun industri yang lainnya.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan
Buah jeruk sangat identik sekali dengan kandungan vitamin C nya yang begitu tinggi. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh Anda supaya tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, buah jeruk juga mempunyai kandungan gizi yang cukup beragam yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh Anda. Berikut ini merupakan beberapa kandungan gizi yang tersimpan pada buah jeruk.

Kandungan Gizi Buah Jeruk

Kandungan Gizi Jumlah (dlm 100 gr)
Energi
28,00 kal
Protein
0,50 g
Lemak
0,10 g
Karbohidrat
7,20 g
Kalsium
18,00 mg
Fosfor
10,00 mg
Serat
0,20 g
Besi
0,10 mg
Vitamin A
160,00 RE
Vitamin B1
0,06 cg
Vitamin B2
0,03mg
Vitamin C
29,00 mg
Niacin
0,03 g

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan


Dengan kandungan gizi-nya yang cukup beragam, rasanya tidak heran kalau manfaat buah jeruk untuk kesehatan cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari buah jeruk.

Menyehatkan pencernaan
Kandungan seratnya yang begitu tinggi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, jeruk juga mampu mencegah terjadinya sariawan dan luka pada lambung, serta menangkal refluks asam. Bilamana Anda mengalami konstipasi kronis, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memasukan buah jeruk kedalam menu harian Anda.

Mencegah kanker
Buah jeruk kaya akan limonoid, yaitu zat yang dapat membantu tubuh untuk mencegah berbagai macam jenis kanker. Sebuah penelitian terbaru pun telah menunjukkan bahwa mengonsumsi satu buah jeruk setiap hari dapat mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker perut. Ingin tubuh Anda terlindungi dari kanker? Konsumsilah buah jeruk secara teratur.

Menjaga kesehatan jantung
Buah jeruk memang terkenal akan kandungan vitamin C nya. Namun, perlu diketahui juga bahwa selain vitamin C buah jeruk juga mempunyai potasium yang dalam membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung. Serta mengontrol detak jantung Anda supaya tetap stabil. Selain itu, kandungan serat yang ada pada jeruk bisa membantu menurunkan kolesterol jahat yang dapat membahayakan organ jantung Anda.

Mencegah radikal bebas
Mengonsumsi buah jeruk secara rutin bisa menjadikan kulit Anda tetap sehat. Hal ini dikarenakan buah jeruk mengandung vitamin C dan beta karoten yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang begitu banyak dapat melindungi Anda dari radikal bebas.

Meningkatkan kesehatan mata
Wortel memang sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, tahukah Anda bahwa buah jeruk juga mengandung cukup banyak vitamin A dan karotenoid yang dapat menyehatkan mata. Selain meningkatkan kemampuan penglihatan, vitamin A didalamnya dapat mencegah terjadinya penyakit pada mata. Buah jeruk memang sangat baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang mengalami degenerasi makula.

Menurunkan berat badan
Buah jeruk mengandung pektin, yaitu zat yang mampu menekan rasa lapar dan nafsu makan Anda. Bila ingin menurunkan berat badan dengan yang lebih sehat, sebaiknya Anda hindari program diet yang begitu ekstrem dan cobalah untuk memulainya dengan mengonsumsi jus jeruk asli. Minum jus jeruk akan membantu menekan rasa lapar Anda selama beberapa jam. Sehingga, Anda pun bisa menurunkan berat badan.

Mengontrol tekanan darah
Magnesium yang terdapat pada buah jeruk memang cukup banyak dan itu sangat bermanfaat untuk menjaga tingkat tekanan darah pada tubuh. Selain itu, buah jeruk juga mengandung flavonoid yang dapat membantu menjaga tekanan darah pada tubuh. Konsumsilah jeruk setiap hari untuk menjaga tekanan darah Anda dalam batas normal.

Mencegah kelainan lahir
Vitamin B dalam buah jeruk bermanfaat untuk wanita hamil. Vitamin B membantu menjaga kesehatan ibu dan janin yang belum lahir. Disamping itu, vitamin B dalam buah jeruk diketahui bisa menurunkan risiko terjadinya kelainan pada janin dalam kandungan.

Itulah beberapa manfaat buah jeruk yang bisa Anda peroleh apabila Anda rajin dan secara teratur mengonsumsi buah jeruk. Untuk itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah jeruk supaya Anda bisa merasakan manfaatnya.