5 Nutrisi Penting Ini Sangat Dibutuhkan Oleh Vegetarian

Tips Sehat dan Cantik - Apakah Anda termasuk seorang vegetarian? Apabila benar demikian, maka membaca artikel yang kami sampaikan kali ini sangat tepat untuk Anda. Karena, artikel pada kesempatan ini akan membahas tentang 5 nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh seorang vegetarian.

Mengonsumsi sayuran memang penting dan itu sangat menyehatkan. Namun, Anda juga harus mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ada pada sayuran yang setiap hari Anda konsumsi. Karena, bagi seorang vegetarian ada beberapa nutrisi yang memang sangat diperlukan. Apa saja nutrisi tersebut? Simak pembahasannya dibawah ini.

5 Nutrisi Penting Ini Sangat Dibutuhkan Oleh Vegetarian
Kalsium
Semua orang membutuhkan kalsium setiap harinya guna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi supaya tetap kuat. Selain itu, kalsium juga sangat berguna untuk memperbaiki fungsi syaraf Anda. Jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh orang dewasa biasanya berkisar antara 1001-1199 mg. Kalsium bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi kubis cina, rumput laut, brokoli dan makanan lainnya yang mengandung susu.

Seng dan zat besi
Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh karena seperti yang Anda ketahui bahwa darah yang sehat adalah darah yang banyak mengandung zat besi. Pada umumnya, kebutuhan zat besi harian untuk wanita yang berusia 20-50 tahun adalah 19 mg saja. Sedangkan untuk wanita yang telah berusia lebih dari 50 tahun, hanya membutuhkan 9 mg/hari. Lelaki dewasa membutuhkan 7 mg saja.

Seng merupakan salah satu nutrisi penting yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, metabolisme sel, proses penyembuhan luka, dan pembelahan sel. Asupan harian yang dibutuhkan oleh seorang laki-laki dewasa adalah 10 mg dan untuk wanita hanya 7 mg saja. Untuk memperoleh zat besi dan seng, Anda bisa mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau seperti brokoli, bayam, dan sawi.

Protein
Program diet apapun pasti membutuhkan yang namanya protein. Asupan harian yang dibutuhkan oleh pria adalah 60 gram, sedangkan wanita adalah 50 gram. Makanan yang kaya akan kandungan protein salah satunya adalah kacang-kacangan.

Asam lemak esensial
Tubuh Anda sangat membutuhkan lemak berkualitas guna membantu menyerap beragam vitamin. Selain itu, lemak baik juga dapat berfungsi sebagai energi, mengatur kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya. Untuk asam lemak, biasanya tubuh seseorang itu membutuhkan sekitar 1-2 sendok makan. Makanan yang kaya akan kandungan asam lemak seperti omega-3 bisa di peroleh dari minyak zaitun, minyak kelapa, minyak wijen, serta minyak lainnya yang tentunya berasal dari bahan nabati.

Vitamin B12
Seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi telur ataupun susu biasanya membutuhkan nutrisi vitamin B kompleks atau B12. Asupan harian vitamin B12 sekitar 1,6 mg. Selain susu dan telur, Anda bisa menemukan nutrisi vitamin B12 pada jamur, kedelai fermentasi, ganggang laut, dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Sebetulnya, 5 nutrisi penting diatas tidak hanya dibutuhkan oleh seorang vegetarian saja melainkan semua orang juga sangat membutuhkannya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membiasakan makanan sehat dan bergizi, ya!