Mudahnya Manjaga Kesehatan Usus

Tips Sehat dan Cantik – Artikel kali ini akan membahas tentang cara menjaga kesehatan usus. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa usus merupakan salah satu organ penting yang ada didalam tubuh manusia. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga agar usus Anda tetap dalam kondisi terbaiknya.

Setiap harinya, usus selalu dilewati oleh makanan yang masuk kedalam tubuh. Mengonsumsi makanan instan apalagi yang banyak mengandung minyak, lemak, dan zat pengawet lainnya dapat memicu terjadinya kerusakan pada usus Anda. Bahkan, kerusakan tersebut bisa menyebabkan munculnya penyakit kanker usus.

Begitu pentingnya peranan usus, maka sudah tentu Anda harus menjaga kesehatan usus Anda. Sebab, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa usus juga dapat rusak apabila Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Berikut ini telah kami sajikan untuk Anda tentang cara menjaga kesehatan usus Anda.

Mudahnya Cara Menjaga Kesehatan Usus


Mudahnya Manjaga Kesehatan Usus
Konsumsi makanan segar
Makanan segar terutama yang rendah akan zat pengawet mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan usus. Oleh karena itu, pastikan bahwa menu makanan Anda setiap harinya lebih dominan untuk mengonsumsi makanan segar yang kaya akan kandungan serat, seperti halnya buah dan sayur.

Makan dengan porsi kecil namun sering
Mengonsumsi makanan secara langsung dengan jumlah yang terlalu berlebihan bisa membuat usus Anda bekerja dengan ekstra keras, sehingga pada akhirnya kinerja usus pun akan mengalami gangguan. Sebaiknya Anda mengonsumsi dalam porsi yang sewajarnya dan ulangi jika mulai terasa lapar. Apabila telah makan, jangan lupa untuk segera minum air agar sirkulasi makanan Anda lancar.

Konsumsi makanan berbakteri probiotik
Bakteri probiotik sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi bakteri di dalam usus. Bakteri yang satu ini memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus Anda.

Kurangi makanan manis
Makanan yang banyak mengandung gula dapat meningkatkan produksi asam lambung serta mendorong empedu untuk bekerja lebih keras. Selain itu, gula juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis.

Kurangi stress
Sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal kesehatan Gut, mengatakan bahwa stres mampu mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda khususnya pada usus. Para peneliti berpendapat bahwa stress bisa membuat usus meradang yang dapat mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

Istirahat cukup
Setiap harinya, tubuh memerlukan waktu istirahat selama 8 jam. Hal ini bermanfaat untuk mengatur hormone dalam usus yang berfungsi mengontrol rasa lapar dan kenyang serta meningkatkan sistem kekebalan usus.

Itulah 6 cara mudah menjaga kesehatan usus Anda. Yang paling penting dalam menjaga kesehatan usus adalah berusaha untuk selalu memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh Anda. Semakin baik makanan yang masuk, semakin baik pula kesehatan usus Anda.