Manfaat Durian Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan CantikManfaat durian untuk kesehatan merupakan informasi yang akan kami sampaikan kepada Anda pada kesempatan kali ini. Buah durian memang tidaklah asing untuk kita. Buah durian termasuk tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Buah durian sering disebut juga dengan istilah raja dari segala buah (King of Fruits).

Buah durian bisa dikatakan sebagai buah yang kontroversial karena meskipun banyak orang yang menyukainya, disisi lain banyak pula yang tidak suka dengan aromanya. Harga satu buah durian memang cukup mahal bila dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Namun, apabila Anda ingin makan durian sepuasnya dan dengan harga yang lebih terjangkau, cobalah untuk pergi berwisata ke Ambon atau Medan karena disana buah durian sangat melimpah sehingga harganya jauh lebih murah.

Kandungan gizi buah durian

Manfaat Durian
Selain rasanya yang lezat, didalam buah durian juga terdapat kandungan gizi dan nutrisi yang cukup banyak. Kandungan gizi yang terdapat pada durian diantaranya adalah karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein. Selain itu, kandungan nutrisi penting yang ada pada buah durian diantaranya vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Disamping itu, buah durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan.

Menurut tim peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam buah durian diklaim mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes, serta penyakit jantung.

Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Bufallo juga telah memberikan catatan penting tentang kandungan durian. Berdasarkan hasil penelitian mereka, kandungan zat phytosterol dalam durian bermanfaat untuk memperbaiki reaksi anti-tumor pada tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh terhadap serangan kanker, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Manfaat Durian Untuk Kesehatan


Mencegah sembelit
Durian mengandung kandungan serat sekitar 37%, sehingga buah durian dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Nutrisi di dalam buah durian mampu menyerap air dan membuat buang air besar terasa lebih mudah dan lancar. Selain itu, serat di dalam durian dapat meningkatkan ukuran dan massa tinja untuk mencegah sembelit.

Mencegah anemia
Tubuh akan mengalami anemia ketika zat besi di dalam darah berkurang. Untuk itu, mengonsumsi buah durian bisa membantu Anda dikarenakan kandungan folat di dalam durian dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga otomatis dapat mencegah terjadinya anemia.

Mencegah penuaan dini
Buah durian mengandung vitamin C yang merupakan bahan baku pembentuk kolagen. Kolagen sendiri sangat penting dalam hal menjaga keremajaan kulit dan menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, ligamen.

Mencegah depresi
Kandungan vitamin B6 didalam buah durian dapat membantu tubuh Anda untuk memproduksi hormon serotonin. Kehadiran hormon yang satu ini sangat penting untuk membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stress dan depresi.

Meningkatkan kemampuan otak
Sebuah studi yang telah dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah yang cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80% siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran, serta lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan. Anda bisa membaca artikel kami lainnya yang tentunya masih berhubungan dengan kemampuan otak, yaitu 7 Langkah Mudah Cerdaskan Otak Anak dan Inilah 5 cara untuk menjaga ketajaman otak

Membantu mengeyahkan migrain
Durian ternyata cukup efektif untuk mengeyahkan rasa sakit akibat migrain. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B yang dapat meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh migrain.

Setelah membaca artikel yang satu ini, rasanya rugi sekali kalau Anda tidak mengonsumsi buah durian apalagi sampai membencinya. Mulai dari sekarang jangan pernah ragu untuk mengonsumsi durian supaya manfaat durian untuk kesehatan bisa didapatkan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak ya!