Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Kita sering mendengar kata vitamin C, baik itu pada makanan, minuman, suplemen, dll. Namun, apakah kita tahu apa sih vitamin C itu? Vitamin C disebut juga dengan asam askorbat.

Vitamin C memiliki peranan yang cukup penting sekali dalam mendukung kesehatan tubuh seseorang. Pasalnya, vitamin C sendiri berperan sebagai pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, tulang, sendi, dan lain sebagainya. Beberapa penelitian telah menjelaskan akan manfaat vitamin C bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol serta dapat pula memproduksi bahan kimia tertentu pada jaringan otak. Tingginya kandungan antioksidan pada vitamin C mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel didalam tubuh.

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan


Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan
Ketika kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi maka vitamin C tersebut dapat memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh Anda. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh diantaranya adalah:

1. Mencegah kanker
Salah satu dari sekian banyak manfaat dari vitamin C adalah mencegah terjadinya kanker didalam tubuh. Beberapa wanita yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah-buahan dan juga sayuran memiliki risiko lebih rendah untuk terserang penyakit kanker payudara. Bahkan ada pula sebuah riset yang mengindikasikan bahwa vitamin C dapat pula dijadikan sebagai racun terhadap sel-sel kanker tertentu.

2. Memperbaiki kulit
Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh kulit. Salah satu fungsi dari antioksidan itu sendiri adalah untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari.

3. Meningkatkan mood
Perubahan psikologis dapat dipengaruhi oleh kurangnya asupan nutrisi vitamin C yang harus dipenuhi oleh tubuh seseorang. Seorang peneliti dari McGill University telah menyatakan bahwa pemberian suplemen vitamin C (500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang mengalami kekurangan vitamin c, secara signifikan bisa membantu dalam meningkatkan suasana hari mereka.

4. Menurunkan risiko serangan jantung
Terpenuhinya kebutuhan vitamin C terhadap tubuh seseorang dapat menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung. Aterosklerosis merupakan suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung yang diakibatkan oleh peredaran darah yang terganggu.

5. Mencegah diabetes
Vitamin C disinyalir mampu menurunkan kadar gula yang terdapat pada tubuh seseorang sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes. Untuk mencegah diabetes, Anda bisa menjadikan buah jeruk sebagai pengganti camilan manis yang sering dikonsumsi.

6. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya bagi si Penderitanya. Sebab, meningkatnya tekanan darah tinggi pada seseorang bisa menimbulkan penyakit lainnya dan bahkan bisa berujung pada kematian. Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang tepat bisa mengontrol tekanan darah.

7. Mengurangi sesak nafas
Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa orang yang menderita penyakit asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang didalam tubuh mereka. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin C setiap hari mampu mengurangi sesak nafas.

Itulah manfaat vitamin C bagi kesehatan Anda. Mulai dari sekarang, jangan pernah ragu apalagi sampai melupakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh Anda.