Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kandungannya

Tips Sehat dan Cantik Alami - Lemon merupakan jenis buah-buahan yang berwarna kuning menyala dan mempunyai rasa asam yang menyegarkan. Buah lemon sangat mudah untuk didapatkan dan buah yang satu ini pun seringkali hadir baik itu dalam bentuk minuman atau pun jenis masakan tertentu. Kandungan gizi dan mineral yang tersimpan didalam buah lemon cukup banyak, diantaranya seperti Vitamin B, Vitamin C, asam sitrat, magnesium, kalsium, fosfor, protein, dan karbohidrat.

Dibalik kandungan gizi dan mineralnya yang begitu banyak, maka tidaklah mengherankan kalau buah lemon menyimpan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Misalnya, untuk menurunkan berat badan berlebih Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi  jus lemon. Karena jus lemon mampu melancarkan sistem pencernaan dan sekaligus sebagai pembersih hati. Selain itu, buah lemon juga mempunyai manfaat lainnya seperti dibawah ini.
Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kandungannya
1. Atasi sakit tenggorokan
Mengonsumsi jus lemon yang dipadukan dengan madu bisa membantu Anda dalam melegakan tenggorokan ketika Anda menderita sakit atau radang tenggorokan.

2. Cegah batu ginjal
Minum satu gelas jus lemon setiap harinya bisa meningkatkan kadar sitrat didalam urine. Sebuah penelitian telah menujukan bahwa hal ini dapat melindungi ginjal dari kemungkinan terbentuknya batu ginjal yang diakibatkan oleh adanya penumpukkan kalsium.

3. Menghentikan gatal-gatal
Apabila Anda terkena gigitan serangga atau bersentuhan dengan jenis tanaman tertentu yang bisa membuat kulit terasa gatal, cobalah oleskan jus lemon pada area yang terasa gatal supaya kulit merasa baikan. Hal ini bisa terjadi karena jus lemon mempunyai zat anti-peradangan dan anestesi.

4. Cegah pertumbuhan kanker
Ada sebuah penelitian yang telah mengungkapkan bahwa lemon mengandung zat anti-kanker. Zat tersebut bernama citrus liminoids yang berfungsi sebagai pelindung sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh kanker.

5. Potasium
Buah lemon mengandung potasium dan vitamin C yang cukup tinggi dan itu sangat baik sekali untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda serta menjaga tubuh supaya tetap dalam kondisi sehat dan kuat.

6. Meredakan demam
Ketika suhu seseorang naik atau demam, cobalah minum jus lemon. Jus lemon di percaya mampu membantu dalam menurunkan demam atau suhu tubuh yang meningkat.

7. Mempercepat proses penyembuhan
Kandungan vitamin C yang begitu tinggi membuat jus lemon mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan nutrisi penting lainnya pun mampu memelihara kesehatan tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan.

8. Atasi sakit gigi
Sakit gigi memang menyebalkan dan terkadang bisa membuat seseorang mudah emosi. Untuk mengatasi sakit gigi, Anda bisa mencobanya dengan menempelkan potongan lemon segar pada gigi yang terasa sakit atau menjadikan perasan air lemon untuk digunakan sebagai obat kumur.

9. Atasi rematik
Buah lemon mempunyai sifat diuretik yang mampu mengobati penyakit rematik dan juga radang sendi dengan cara mengeluarkan bakteri atau racun yang ada didalam tubuh.

10. Perawatan kulit
Lemon bisa dijadikan sebagai obat antiseptik alami yang berfungsi untuk mengatasi masalah pada kulit. Disamping itu, buah lemon juga bermanfaat untuk menyamarkan kerutan, komedo, dan mecegah penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat lemon untuk kesehatan tubuh kita. Mulai dari sekarang cobalah konsumsi minimal satu gelas jus lemon setiap harinya untuk merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!