Pentingnya Manfaat Vitamin E

Tips Sehat dan Cantik – Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini cukup banyak jenis vitamin yang baik dikonsumsi, diantaranya adalah vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K. Masing-masing vitamin mempunyai fungsi dan manfaat tersendiri terhadap kesehatan tubuh. Namun, untuk Saat ini kami tidak akan membahas semuanya dikarenakan beberapa dari vitamin tersebut pernah kami jelaskan sebelumnya.

Pada kesempatan ini kami akan memberitahukan kepada Anda tentang manfaat vitamin E yang mungkin saja belum diketahui oleh Anda. Karena, kebanyakan orang menganggap bahwa vitamin E itu bermanfaat hanya sebatas untuk kesehatan kulit saja, padahal kenyataannya adalah lebih dari itu. Nah, untuk membuktikannya maka kami sajikan informasinya kepada Anda seperti berikut ini.

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang mana keberadaannya itu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin E biasa disebut juga dengan Tokoferol yang ternyata dapat membantu dalam mengatasi beragam masalah yang terjadi pada tubuh. Sehingga hal inilah yang menjadi sebuah alasan bahwa vitamin E memang sangat diperlukan oleh tubuh.

Pentingnya Manfaat Vitamin E
www.toomuchof.com
Jenis vitamin yang satu ini tidak bisa di produksi sendiri oleh tubuh Anda melainkan harus didapatkan dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang mengandung vitamin E didalamnya. Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin E diantaranya adalah kacan-kacangan, minyak sayur, beberapa jenis unggas, gandum, pisang, biji bunga matahari, dan lain-lain.

Dosis vitamin E yang diperlukan oleh tubuh dalam setiap harinya adalah 7mg. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin E memang sangat jarang terjadi, namun gejala yang dirasakan biasanya adalah lambatnya proses penyembuhan luka. Sedangkan apabila seseorang kelebihan vitamin E biasanya ditandai dengan adanya beberapa gejala, seperti sakit kepala, lemah otot, asam lambung, dan cepat lelah.

Manfaat Vitamin E Terhadap Kesehatan


Sebagai antioksidan
Vitamin E dapat berperan sebagai antioksidan alami yang mampu melindungi struktur sel penting terutama membran sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas. Antioksidan memang sangat efektif dalam menghancurkan radikal bebas. Oleh sebab itu, vitamin E seringkali digunakan untuk kesehatan kulit dari serangan radikal bebas.

Mencegah stroke dan jantung
Vitamin E mempunyai peranan yang cukup penting dalam mengencerkan darah serta menjadikan darah dapat mengalir dengan lebih lancar sehingga tidak akan pernah terjadi adanya penumpukkan flak di dinding pembuluh arteri. Adanya penumpukkan flak pada dinding pembuluh arteri dapat menghambat aliran darah sehingga bisa meningkatkan seseorang untuk menderita sakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda.

Menjaga kelembaban kulit
Kulit yang kering bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin E secara teratur. Vitamin E mempunyai peranan yang cukup penting dalam menjaga kelembaban kulit serta melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet yang dapat menjadikan kulit Anda tidak sehat.

Menjaga fungsi saraf
Vitamin E dapat membantu menghambat agresi trombosit pada darah. Hal ini sangat erat kaitannya dengan aktivitas saraf dalam tubuh. Dengan kata lain, vitamin E sangat membantu untuk menjaga fungsi sekaligus kesehatan saraf.

Menyembuhkan luka
Mengomsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin E secara teratur dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka. Hal ini dikarenakan vitamin E berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan sekaligus meregenerasi jaringan ekstra sel yang rusak atau hilang.

Menjaga kesehatan seksual pria
Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa pria yang mengonsumsi 400 mg vitamin E secara teratur memperlihatkan adanya perbaikan motilitas sperma sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria. Di samping itu, mengonsumsi vitamin E juga dapat membantu meningkatkan gairah seks.

Melindungi lipid dari tubuh
Manfaat vitamin E selanjutnya adalah untuk menjaga lipid dan mencegah oksidasi lemak jenuh. Vitamin ini bekerja dengan cara melancarkan kinerja lipid dalam tubuh.

Itulah informasi seputar manfaat vitamin E yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, perlu di ingat juga ya, meskipun vitamin E banyak manfaatnya disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Mengonsumsi secukupnya secara teratur adalah cara yang paling tepat supaya Anda bisa merasakan manfaat dari vitamin E.