Cegah Diabetes Dengan Makanan Sehat Ini

Tips Sehat dan Cantik – Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat menghilangkan nyawa seseorang. Penyakit yang satu ini memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Pasalnya, penyakit diabetes sendiri sangatlah sulit untuk diobati. Pola hidup yang semakin memprihatinkan membuat seseorang lebih mudah berisiko terserang diabetes.

Ketika seseorang telah di vonis menderita diabetes, maka orang tersebut akan mempunyai pantangan tersendiri terhadap makanan yang dikonsumsinya. Artinya, seorang penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan karena dikhawatirkan akan dapat memperparah kondisinya. Makanan yang manis-manis kemudian makanan yang berlemak serta mempunyai kalori yang tinggi merupakan beberapa jenis makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita diabetes.

Oleh sebab itu, langkah yang paling tepat supaya Anda terhindar dari penyakit yang mematikan ini adalah dengan melakukan pencegahan, seperti merubah pola hidup seperti dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti berikut ini.

Makanan Pencegah Diabetes


Cegah Diabetes Dengan Makanan Sehat Ini
1. Stroberi
Stroberi adalah salah satu jenis buah-buahan dengan warna merah merona dan mempunyai bentuk yang sangat menarik. Buah stoberi mempunyai kandungan senyawa alami yang dapat mengaktifkan protein dalam mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, stroberi juga mampu mencegah terjadinya penyumbatan di dalam darah dan membantu dalam menurunkan kadar gula darah.

2. Apel
Buah apel mengandung senyawa anthocyanin yang dapat membantu menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh, sehingga buah apel ini termasuk kedalam salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh mereka yang tengah menderita diabetes.

3. Anggur merah
Anggur mempunyai kandungan resveratol yang dapat membantu menyeimbangkan kandungan insulin didalam darah. Namun, perlu di ingat ya, bahwa buah anggur harus dikonsumsi dalam jumlah yang memang dosisinya untuk kesehatan.

4. Bayam
Jenis sayuran yang sangat di sukai oleh tokoh kartun Popeye ini, menurut peneliti asal inggris, seperti dilansir Indiatimes menunjukkan bawah bayam dapat menurunkan risiko terserang diabetes sampai 14%. Sehingga, tidak ada salahnya kalau sayuran bayam ini masuk kedalam menu makanan sehari-hari.

5. Keju dan yogurt
Keju dan yogurt merupakan makanan yang di produksi dengan menggunakan bahan dasar utamanya adalah susu. Kedua jenis makanan ini bisa dikatakan cukup diandalkan untuk mereka penderita diabetes. Namun, diharuskan hanya mengonsumsi yang mempunyai rendah lemak saja.

Peneliti percaya bahwa keju dan yogurt yang rendah lemak merupakan kunci utama dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan setiap manusia. Bila konsumsi secara rutin, maka dapat mencukupi kebutuhan tubuh.

6. Kunyit
Nenek moyang kita tidak salah telah menggunakan kunyit untuk mengatasi beragam penyakit. Hasil penelitian medis modern telah menyatakan bahwa bahan yang terkadung di dalam kunyit ini dapat mencegah seseorang untuk terserang diabetes dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah kanker serta peradangan.

7. Kayu manis
Manfaat yang bisa Anda peroleh dari kunyit lumayan banyak, lho. Salah satu manfaat yang bisa diambil adalah dapat menurunkan dan menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh. Keberadaannya juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan boleh ditambahkan pada secangkir kopi atau teh yang Anda konsumsi sehari-hari.

Anda ingin terhindar dari serangan diabetes? Jangan lupa untuk menjalankan pola hidup sehat dan memilih makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi didalamnya. Oh iya, jangan lupa berolahraga juga ya!