8 Manfaat Strobery Untuk Kesehatan

Anda suka mengonsumsi strawberry? Kalau suka, berarti Anda salah satu dari sekian banyak orang yang menyukai buah-buahan. Kalau untuk manfaatnya sendiri, sudah tahu belum? Nah, kalau belum tahu temukan jawabannya pada artikel yang satu ini. Karena artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat buah strawberry untuk kesehatan tubuh Anda.

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini merupakan buah jenis beri yang cukup populer di dunia termasuk negara Indonesia. Salah satu jenis buah-buahan dengan bentuk yang cukup unik ditambah lagi dengan warna merah menyala ini cukup di gilai oleh kebanyakan orang.

Buah stroberi mengandung vitamin C yang lebih tinggi bila kita bandingkan dengan buah jeruk. Protein, lemak, serta karbohidrat yang dimilikinya itu sangatlah rendah, sehingga bisa dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak tanpa perlu khawatir berat badan Anda ikut naik. Disamping itu, stroberi juga mengandung mineral yang cukup potensial seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, selenium, dan juga potasium.

Selain kaya akan kandungan nilai gizinya, dengan mengonsumsi buah stroberi juga  bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Apa saja manfaat? berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari buah strobery.

8 Manfaat Strobery Untuk Kesehatan Tubuh Anda


8 Manfaat Strobery Untuk Kesehatan

1. Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut penelitian yang telah dilakukan di Harvard School of Public Health, wanita yang makan stroberi sebanyak 3 kali dalam seminggu memiliki risiko lebih rendah untuk terkena serangan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan stoberi mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan, termasuk polifenol lainnya yaitu katecin, dan quercetin yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, melalui mekanisme penghambatan oksidal kolesterol jahat, menaikan stabilitas plak, meningkatkan fungsi endotelial vaskuler dan menurunkan terjadinya proses trombosis atau penggumpalan darah.

2.  Mencegah kanker
Flavonoid yang ada pada stroberi mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker. zat ini juga sangat baik untuk mencegah kanker payudara, kanker serviks, dan kanker kerongkongan. Selain itu, daging buah dan biji stroberi juga mengandung asam elagik yang berpotensi sebagai antikarsinogen, senyawa pemicu timbulnya kanker.

3. Turunkan darah tinggi
Buah stroberi mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Adanya kandungan kalium yang cukup tinggi ini berfungsi untuk menurunkan efek natrium di dalam tubuh yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Anti inflamasi
Tingginya kandungan polifenol yang ada pada stroberi membuat buah jenis beri ini memiliki warna yang cerah. Antioksidan dan fitokimia yang ada didalamnya membantu dalam mengurangi peradangan pada bagian sendi.

5. Menurunkan kolesterol jahat
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa stroberi mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat ini berguna untuk melawan zat karsinogenik dan menurunkan kolesterol jahat yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung, melawan radikal bebas, mengurangi peradangan di dalam tubuh, serta menghambat pertumbuhan tumor.

6. Meningkatkan sistem imun
Dalam 1 porsi buah stroberi mengandung vitamin C 85 mg. Angka ini bisa dikatakan cukup tinggi bila dibandingkan dengan buah jeruk.

7. Menyehatkan otak
Sebuah penelitian juga telah menunjukan bahwa kandungan antioksidan yang ada didalam stroberi membantu meningkatkan kemampuan kognitif Anda dan mengurangi risiko demensia di usia tua.

8. Menurunkan berat badan
Anda sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan? kami menyarankan kepada Anda untuk mengonsumsi buah stroberi setiap harinya. Kandungan anthocyanin yang ada didalah stroberi mampu membakar tumpukan lemak di dalam tubuh Anda.

Kandungan gizi serta manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi buah stroberi memang cukup banyak. Selain itu, buah yang satu ini sangat mudah sekali untuk di olah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Mulai dari sekarang, rajin-rajinlah untuk mengonsumsi buah stroberi.