Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik – Sudah tahukan dengan teh hijau? Itu lho sebuah teh yang dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Teh hijau sendiri merupakan salah satu jenis minuman yang sangat populer dikawasan Asia seperti Tiongkok, Taiwan, Hong kong, Jepang, Timur Tengah, dll. Di Negara Indonesia juga terdapat beberapa jenis teh, diantaranya teh hijau, teh hitam, dan jenis teh yang lainnya. Dari beberapa jenis teh tersebut, teh hijau ternyata memiliki manfaat ataupun khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Pada umumnya, orang-orang percaya bahwa minum teh hijau bermanfaat sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, kebanyakan orang juga percaya bahwa teh hijau dapat membantu dalam menurunkan berat badan. So, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet tidak ada salahnya untuk memasukan teh hijau kedalam menu diet Anda. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan


1. Melawan kanker
Para peneliti telah membuktikan bahwa minum teh hijau setiap hari bisa membantu Anda dalam mengurangi risiko terjadinya kanker didalam tubuh. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung polifenol, zat antioksidan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan sel.

2. Menurunkan berat badan
Minum teh hijau ditambah dengan satu sendok teh madu di pagi hari dalam keadaan perut kosong mampu membakar sejumlah lemak dengan cepat. Oleh sebab itu, minuman yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

3. Menjaga kesehatan jantung
Kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat membuat teh hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi dalam sekala besar-besaran telah dilakukan pada teh hijau dan hasilnya teh hijau mampu mencegah penyakit jantung dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan, sebuah uji coba pun telah dilakukan di Negara Jepang yaitu orang yang minum setidaknya empat cangkir teh hijau setiap harinya mampu menurunkan tingkat keparahan penyakit jantung pada pria.

4. Mencegah diabetes
Teh hijau bisa mengurangi risiko seseorang untuk terserang penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan teh hijau mempunyai peranan yang cukup penting dalam mengatur kadar glukosa serta memperlambat kenaikan gula darah. Selain itu, hal ini juga mampu memicu dan merangsang produksi insulin serta mengaktifkan fungsi pankreas dalam beberapa tingkat gula extent. Sebuah studi telah dilakukan dan menunjukan hasil yang cukup memuaskan yaitu teh hijau bisa mencegah perkembangan diabetes tipe 1 dan bahkan bisa digunakan sebagai obat diabetes.

5. Mencegah dehidrasi
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2011, telah menunjukkan bahwa orang yang minum enam cangkir teh hijau setiap harinya mempunyai risiko yang kecil untuk mengalami dehidrasi. Minum beberapa cangkir teh hijau dalam sehari merupakan cara yang paling efektif dalam mengisi cairan tubuh Anda. Pasalnya, teh hijau tidak sama dengan air putih. teh hijau kaya akan flavonoid, vitamin B1, B2, B6, asam folat, seng, mangan, serta kalium.

6. Meningkatkan stamina
Ketika tubuh Anda mulai merasa lemas, lesu, atau pun letih, cobalah untuk minum secangkir teh hijau untuk mengisi kembali stamina Anda yang telah berkurang. Selain itu, minum teh hijau juga dipercaya mampu meningkatkan tingkat konsentrasi Anda.

7. Menjaga kesehatan kulit
Untuk merawat kesehatan kulit secara alami, minum teh hijau bisa menjadi solusi untuk Anda. Hal ini dikarenakan teh hijau mampu melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet yang mampu mengakibatkan terjadinya kerusakan pada kulit seperti kanker kulit. Selain itu, minum teh hijau juga bisa menghambat terjadinya proses penuaan dini.

8. Membersihkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat secara alami bisa Anda coba dengan mengonsumsi teh hijau. Kandungan antioksidan pada teh hijau mampu membersihkan kotoran serta minyak yang menempel pada pori-pori.

9. Mencegah napas tak sedap
Teh hijau mengandung anti-bakteri alami yang bisa membunuh bakteri hidup didalam mulut yang mampu menyebabkan terjadinya bau mulut. Cobalah berkumur dengan menggunakan teh hijau atau minum secangkir teh hijau untuk menghilangkan bau napas tak sedap.

Itulah manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh Anda. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, cobalah untuk menjadikan minuman teh hijau sebagai pengganti minuman yang kurang bermanfaat seperti minuman bersoda, beralkohol, dll. Semoga bermanfaat ya!