Manfaat yang Tersimpan dalam Jambu Biji

Tips Sehat dan CantikJambu biji atau biasa disebut juga dengan jambu batu, jambu siki, atau jambu klutuk mempunyai nama latin Psidium guajava. Tanaman buah yang satu ini merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil, yang kemudian disebarkan sampai ke Negara Indonesia melalui Thailand . Jambu biji sangat identik dengan warna hijau dan dagingnya berwarna putih atau merah serta mempunyai rasa asam manis.

Di sebut jambu biji karena memang buah yang satu ini mempunyai biji yang kecil-kecil dalam jumlah yang cukup banyak dan keras lagi. Namun, saat ini telah di kembangkan varietas unggul dimana jambu biji ini mempunyai biji yang cukup lunak bahkan ada yang hampir tidak ada sama sekali bijinya. Selain itu, rasanya juga sangat manis alias tidak asam.

Kandungan nutrisi jambu biji

Tahukah Anda, bahwa jambu biji mempunyai kandungan vitamin C yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah jeruk dan bahkan melebihi kiwi yang mana buah kiwi itu seringkali disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jambu biji juga mempunyai pektin dan beberapa jenis mineral lainnya, seperti mangan, magnesium, dan asam amino esensial seperti tryptophan.

Manfaat yang Tersimpan dalam Jambu Biji
Di lansir dari intisari online, berikut ini merupakan kandungan gizi dalam setiap 100 g buah jambu biji.

Vitamin A 25 IU
Vitamin B1 0,02 mg
Vitamin C 87 mg
Energi 49 kal
Protein 0,9 g
Lemak (0,3) g
Karbohidrat 12,2 g
Serat 5,6 g
Kalsium 14 mg
Fosfor 28 mg
Zat Besi 1,1 mg
Air 86 g

Manfaat Jambu Biji Bagi Tubuh


Jambu biji memang sangat nikmat dan bila dikonsumsi dapat membuat tubuh Anda terasa segar kembali sehingga lebih bersemangat lagi dalam melakukan aktivitas. Selain mempunyai rasa yang manis, manfaat dan khasiat jambu biji sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat jambu biji yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

Mencegah kanker
Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi serta mempunyai senyawa flavonoid yang membuat jambu biji mempunyai sifat sebagai antioksidan yang dapat menghambat produksi nitrosamine, zat pemicu kanker. Kebutuhan vitamin C yang tercukupi dalam darah akan mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama untuk kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan usus besar. Selain itu, jambu merah mempunyai kandungan likopen yang dapat menghambat oksidasi lemak sehingga pada akhirnya dapat mencegah kanker.

Atasi diabetes
Adanya serat pektin pada jambu biji berperan aktif dalam menurunkan kadar glukosa darah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menyembuhkan infeksi
Kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila dikonsumsi oleh penderita sakit flu ataupun radang tenggorokan, maka akan mempercepat proses penyembuhan terhadap infeksi.

Atasi sakit jantung
Jambu biji mempunyai kandungan mineral kalium yang dapat membantu jantung Anda untuk berdetak secara lebih teratur. Kandungan asam lemak elegat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga dapat menghindari terjadinya flak, yang merupakan salah satu pemicu timbulnya jantung koroner.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Mineral kalium tidak hanya baik untuk kesehatan jantung Anda, melainkan mineral tersebut dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda juga bisa membaca artikel kami yang lainnya di 7 Tips Sederhana Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tingkatkan fungsi otak
Kandungan vitamin B didalamnya mempunyai peranan penting dalam melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga dapat meningkatkan fungsi maupun kinerja otak Anda. Untuk mencerdaskan otak anak, sebaiknya baca artikel 7 Langkah Mudah Cerdaskan Otak Anak

Merawat kesehatah kulit
Mengonsumsi jambu biji dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas. Selain itu, jambu biji juga sering digunakan sebagai perawatan kesehatan kulit karena adanya kandungan zat antioksidan didalamnya.

Itulah manfaat jambu biji dibalik rasanya yang sangat enak. Mulai dari sekarang, jangan pernah ragu lagi untuk mengonsumsi buah-buahan termasuk jambu biji. Karena, jambu biji sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.