Manfaat dan Khasiat Anggur Terhadap Kesehatan

Anggur adalah sebuah tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk kedalam keluarga Vitaceae. Buah anggur seringkali digunakan sebagai jus, jelly, wine, kismis, atau dimakan secara langsung. Buah yang diketahui cukup banyak mengandung polifenol dan resveratol ini sangatlah baik sekali untuk sistem metabolisme tubuh dan juga untuk mencegah terbentuknya sel kanker.

Buah anggur bentuknya kecil dan mempunyai beragam jenis, ada anggur merah, hijau, dan hitam. Jenis anggur yang cukup familiar di negara Indonesia adalah anggur merah dan hijau. Meskipun bentuknya kecil, namun bukan berarti kandungan nutrisinya itu sedikit. Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dikarenakan buah yang satu ini menyimpan vitamin A dan vitamin C didalamnya. Selain itu, ia juga mengandung kalsium, kalium, yodium, mangan, seng, selenium, dan gula alami seperti glukosa dan dektrosa.

Manfaat dan Khasiat Buah Anggur Terhadap Kesehatan


Buah yang kaya akan nutrisinya ini memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa terhadap kesehatan. Mengonsumsi buah anggur dapat mengobati sembelit serta gangguan sistem pencernaan lainnya. Selain itu, Buah anggur juga mempunyai manfaat dan khasiat lainnya seperti dibawah ini.
Manfaat dan Khasiat Anggur Terhadap Kesehatan
1. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Buah anggur mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi dimana kandungan tersebut berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

2.  Mencegah penyakit jantung
Mengonsumsi anggur dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang mampu mencegah terjadinya pembekuan sehingga hal itu bisa mengurangi kemungkinan Anda untuk mengalami serangan jantung.

3. Menangkal radikal bebas
Seorang peneliti dari francis, Dr. Masquelier telah menemukan bahwa zat anti-kanker seperti proanthocyanidins dalam biji anggur dapat menangkal radikal bebas sekitar 20 kali lipat melebihi vitamin C dan E.

4. Mengatasi asma
Buah anggur dapat digunakan untuk membantu dalam mengatasi penyakit asma. Kekuatan asimilasi yang terdapat pada anggur cukuplah tinggi sehingga bisa meningkatkan intensitas kelembapan pada paru-paru Anda.

5. Atasi migrain
Untuk mengatasi sakit migrain sebaiknya tidak perlu langsung diobati dengan menggunakan obat-obatan. Konsumsi anggur secara rutin di pagi hari pun dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah migrain.

6. Cegah kanker payudara
Selain antioksidan, zat yang bernama resveratol pun bisa membantu Anda dalam mencegah kanker payudara. Pasanyalnya, zat tersebut berguna untuk mencegah terjadinya pembentukan sel tumor pada tubuh. Sebetulnya, zat resveratol ini tidak hanya untuk mencegah terjadinya kanker payudara saja, namun ini juga berlaku untuk jenis kanker yang lainnya. Cuma zat tersebut lebih berperan aktif dalam mencegah kanker payuradara.

7.  Menurunkan tekanan darah
Mengonsumsi anggur dalam bentuk jus mampu membantu Anda dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah. Disamping itu, jus anggur juga bisa menurunkan produksi asam lambung serta mengobati batuk.

8. Mengatasi alzheimer
Sebuah studi telah menunjukan bahwa anggur bisa meningkatkan kesehatan otak dan menunda timbulnya penyakit neurodeneratif.

9. Cegah katarak
Anggur mengandung flavonoid yang kaya akan antioksidan. Fungsinya adalah untuk mengurangi sekaligus melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak.

10. Atasi rambut rontok
Rambut Anda mudah rontok? cobalah konsumsi jus anggur secara rutin. Pasalnya, buah anggur mengandung antioksidan yang dapat membantu dalam melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala serta membuat akar rambut lebih kuat dan sehat.

11. Sehatkan kulit
Mengonsumsi jus anggur secara rutin bisa mengurangi bintik-bintik hitam, mencegah sekaligus mengobati jerawat. Adanya antioksidan yang tersimpan dalam buah anggur bermanfaat untuk membantu memperlambat proses penuaan dini terhadap kulit.

Ternyata, meskipun buahnya kecil namun manfaat dan khasiat buah anggur terhadap kesehatan cukup banyak ya. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pilihlah buah anggur yang masih segar dan kencang. Semoga bermanfaat!