Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Kopi -, Sudahkah anda minum kopi pada pagi hari ini ? Kopi merupakan sejenis minuman yang terbuat dari ekstrak biji tanaman kopi yang kemudian di proses melalui pengolahan. Kopi mempunyai kandungan kafein, namun tidak hanya itu saja kopi juga mempunyai senyawa antioksidan dengan jumlah yang memang boleh dibilang cukup banyak. Dengan adanya senyawa tersebutlah minum kopi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, manfaat kopi juga dapat menurunkan kadar risisko untuk terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Sebagian dari kita ada yang beranggapan bahwa kopi itu termasuk kedalam jenis kategori minuman yang berbahaya. Anggapan tersebut memang tak sepenuhnya salah. Namun, pendapat anda akan berbeda ketika anda sudah membaca artikel ini secara keseluruhan. Disini anda akan mendapatkan beberapa informasi menarik mengenai manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan
1. Menurunkan Risiko Diabetes
Sebuah penelitian telah menemukan bahwa orang yang suka minum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes tipe 2. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry pada awal bulan januari 2012.

2. Mencegah Batu Ginjal
Peneliti di Harvard menemukan bahwa bagi wanita yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari, akan mengurangi risiko sekitar 25% lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. Selain itu, penelitian yang lainnya juga pernah melakukan hal tersebut sebelumnya dan ternyata hasilnya adalah sama dengan apa yang telah dilakukan para peneliti Harvard.

3. Mengurangi Risiko Serangan Stroke.
Dalam sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik, ternyata memiliki risiko lebih rendah terhadap serangan stroke daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal tersebut didukung dengan sebuah hasil penelitian lain yang telah dilakukan di Finlandia yang membenarkan hasil studi kasus tersebut.

4. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidannya yang cukup tinggi yang mana senyawa tersebut terdapat dalam kopi ternyata mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap sejumlah wanita, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi 2 cangkir dalam sehari beresiko 25% lebih rendah terhadap serangan kanker usus besar.

5. Mencegah Risiko Kanker Mulut dan Melindungi Gigi
Senyawa yang terdapat didalam kopi dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan juga anti perekat yang sangat baik sekali untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada bagian gusi.

6. Mengurangi Risiko Liver
Minum kopi juga telah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya, seperti mengurangi risiko penyakit liver. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein yang terdapat dalam setiap biji kopi.

7. Mencegah Depresi
Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 lalu, menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, setiap hari, 15% lebih rendah untuk memiliki risiko terkena depresi. Sementara bagi wanita yang mengkonsumsi empat gelas kopi setiap hari, 20% lebih rendah untuk terkena depresi.

8. Mempertajam Ingatan
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 lalu oleh Radiological of North America, ditemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein dapa membantu meningkatkan ingatan dalam jangka panjang atau pun pendek dengan kecepatan reaksi seseorang. Uniknya, hal tersebut hanya dapat berlaku bagi wanita saja dan tidak berlaku untuk kaum pria.

9. Mengurangi Rasa Sakit Kepala
Menurut Seimur Damond, M,D dari Chicago's Diamond Hadche Clinic, bahwa kandungan kafein yang terdapat didalam kopi dapat mengurangi penderita sakit kepala. Hal tersebut membuktikan bahwa penderita sakit kepala atau migrain ringan telah terbukti dapat disembuhkan dengan meminum kopi pekat.

10. Meningkatkan Metabolisme
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme, terutama bagi wanita. Selain itu, kopi juga dapat membantu sahabat untuk menjaga atau menurunkan berat badan yang berlebih.

Itulah informasi menarik untuk anda mengenai manfaat minum kopi bagi kesehatan kita. Mulai dari sekarang jangan pernah ragu lagi untuk minum kopi apalagi meninggalkan minum kopi, kecuali bagi mereka yang tidak boleh meminumnya. Terimakasih telah menyimak informasi kesehatan dari kami, anda juga dapat membaca artikel kami lainnya yang tentunya cukup menarik untuk disimak seperti » 7 Manfaat Becinta Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Kopi ~