7+ Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Anda tidak asing bukan mendengar makanan yang satu ini? Ukurannya yang kecil, namun kandungan nutrisi yang dimilikinya tidak sekecil ukurannya. Makanan yang satu ini seringkali hadir menemani Anda ketika berkumpul bersama keluarga, teman, atau pun kerabat.

Kacang tanah mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sehingga mengonsumsi kacang tanah dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Di Indonesia sendiri tidaklah sulit untuk menemukan kacang tanah karena di negara kita banyak orang yang telah membudidayakan jenis tanaman yang satu ini.

Apakah Anda pernah mendengar sebuah mitos yang mengatakan bahwa mengonsumsi kacang tanah dapat menimbulkan jerawat di wajah? Kalau demikian, sebaiknya simak dulu beberapa penelitian yang telah dilakukan seperti berikut ini.

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan
Colorado State University Departmen of Health and Exercise telah menyarankan untuk mengurangi gula dan makanan yang mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi. Institusi tersebut telah melakukan setidaknya sekitar 1300 orang penduduk pulau Kitivan di Papua New Guinea yang puasa makan makanan manis serta makan yang berkarbohidrat. Sehari-harinya mereka hanya makan buah, ikan, dan daging yang dimasak dengan cara tradisional. Hasilnya tidak ada satupun jerawat yang muncul di bagian wajah mereka.

Sebuah riset pun telah dilakukan dari American Academy of Dermatology untuk urusan kecantikan kulit menyatakan hal yang bertolak belakang dengan mitos tersebut. Mereka berpendapat bahwa jerawat itu tidak disebabkan oleh ice cream, cokelat, atau pun makanan seperti kacang.

Kesimpulannya adalah bukan kacang yang menjadikan jerawat muncul pada wajah seseorang melainkan makanan manis dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang menyebabkannya. Sebaiknya, rajin-rajinlan mengonsumsi kacang karena kandungan nutrisinya itu bermanfaat buat kesehatan Anda.

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan


Berikut ini merupakan manfaat kacang tanah yang mungkin saja belum diketahui oleh Anda. Silahkan di simak baik-baik ya manfaatnya!

1. Menurunkan gula darah
Bagi seorang penderita diabetes, mengonsumsi kacang tanah setidaknya dapat memberikan manfaat bagi mereka. Kandungan mangan yang ada pada kacang tanah dapat membantu penyerapan kalsium dan juga lemak. Selain itu, kacang tanah juga sangat baik dalam hal menjaga kadar gula darah. Kacang tanah juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Mengontrol kolesterol
Kacang tanah mempunyai lemak tak jenuh yang berguna untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang tanah juga bisa menurunkan tingkat kolesterol yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Baca artikel 7 makanan ini bantu turunkan kolesterol Anda

3. Sumber energi
Kacang tanah disebut juga sebagai makanan yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Hal ini sangat berguna sekali ketika tubuh Anda merasakan lelah atau kekurangan energi, maka mengonsumsi kacang tanah bisa menjadi solusi untuk mengembalikan energi Anda. Selain itu, kandungan antioksidan dan mineral nya pun dapat menjadi energi instan untuk tubuh Anda. Kacang tanah juga disinyalir mampu membantu Anda untuk menurunkan berat badan, karena kacang tanah tidak banyak mengandung karbohidrat dan lemak namun cukup untuk membuat perut Anda kenyang. Baca artikel kami yang lain yang membahas seputar 5 kebiasaan yang dapat mengurangi energi Anda

4. Menurunkan depresi
Kacang tanah telah dikenal secara luas dalam membantu meningkatkan mood seseorang. Hal ini dapat terjadi lantaran kacang tanah banyak mengandung tryptophan yang membantu melepaskan zat kimia khusus yang dapat menurunkan tingkat depresi seseorang. Apabila Anda sedang merasa depresi, cobalah konsumsi kacang saat itu juga siapa tahu depresi Anda hilang.

5. Mencegah batu ginja
Dalam bentuk alaminya atau selai, kacang tanah bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, kacang tanah juga dapat mencegah terjadinya pembentukan berbagai macam batu dalam tubuh serta infeksi lever hingga mencapai 50%.

6. Mencegah kanker
Didalam kacang tanah terdapat asam p-coumaric dalam jumlah yang cukup banyak dan bermanfaat untuk memperkecil risiko kanker perut. Kacang tanah juga bisa untuk menurunkan kanker usus besar pada wanita hingga 40%.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung
Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kacang tanah mempunyai antioksidan dan asam folat. Konsumsilah setidaknya segenggam kacang tanah setiap empat minggu sekali guna mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner. Ingin tahu makanan apa saja yang dapat melindungi jantung Anda? Baca artikelnya di lindungi jantung Anda dengan 4 makanan ini

Ternyata manfaat kacang tanah itu sungguh luar biasa ya, mulai dari sekarang jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya. Konsumsi sekarang juga dan dapatkan beragam manfaatnya terhadap kesehatan tubuh Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat artikelnya!