5 Kebiasaan Ini Dapat Mengurangi Energi Anda

Tips Sehat dan Cantik - Setiap makhluk hidup dalam melakukan sebuah aktivitas pasti memerlukan energi. Apabila aktivitas yang dilakukannya sangat ringan, maka energi yang dibutuhkan pun tidaklah besar. Hilangnya energi dalam tubuh seseorang dapat membuat tubuhnya lemah sehingga tidak semangat untuk menjalankan beragam aktivitas. Untuk itu, dalam penggunaan energi diharuskan untuk bisa menggunakannya secara efektif supaya semua aktivitas Anda dalam sehari-hari bisa dilakukan dengan baik.

Kurangnya beristirahat merupakan salah satu faktor yang bisa menguras energi Anda. Selain itu, ada juga faktor lainnya yang tentunya sebisa mungkin harus Anda hindari. Kebiasaan seperti dibawah ini merupakan kebiasaan yang perlu Anda hindari dan sebaiknya mesti diperbaiki.
5 Kebiasaan Ini Dapat Mengurangi Energi Anda
1. Kurang minum
Minum air tidak hanya membuat tubuh kita tetap sehat dan bugar saja. Namun, air minum itu memiliki fungsi yang lebih dari itu. Pada dasarnya, tubuh seseorang membutuhkan yang namanya air untuk tetap sehat dan berenergi. Ketika tubuh seseorang mulai mengalami kekurangan cairan, maka tingkat energi yang dimilikinya pun akan mengalami penurunan. Perlu diketahui bersama bahwa dehidrasi yang dirasakan seseorang bisa membuat darah dalam tubuhnya menjadi lebih kental.

Ketika darah mengental, organ tubuh seseorang khususnya jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa oksigen dan nutrisi pada otot serta organ yang lainnya. Alhasil, energi dalam tubuh pun akan terkuras secara cuma-cuma dikarenakan terbuang hanya untuk pekerjaan internal tubuh Anda. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

2. Meninggalkan sarapan
Sampai saat ini masih banyak orang yang melewatkan sarapan entah itu karena alasan sedang berdiet atau karena tidak terbiasa untuk melakukan sarapan. Padahal, meninggalkan sarapan itu merupakan salah satu faktor mengapa energi Anda cepat terkuras.

Tubuh kita sejatinya membutuhkan sarapan di pagi hari untuk memulai metabolisme setelah tidur di malam hari. Tubuh kita akan tetap bekerja untuk membakar makanan dan nutrisi bahkan ketika kita sedang tidur sekalipun. Sehingga, ketika kita bangun di pagi hari kebanyakan tubuh kita akan mengalami kekurangan nutrisi dan energi. Sarapan sangat penting sekali untuk mengembalikan nutrisi dan makanan yang dibutuhkan dalam memproduksi energi.

3. Minum alkohol sebelum tidur
Beberapa orang diantara kita mungkin suka bersantai sambil minum alkohol sebelum beranjak tidur. Hal seperti ini dilakukan karena mereka beranggapan bahwa minum alkohol bisa membuat mereka tenang setelah seharian beraktivitas. Namun, kebiasaan seperti ini tidaklah baik karena akan merugikan kesehatan Anda nantinya.

Alkohol akan menekan sistem saraf dan membantu Anda untuk tidur lebih cepat. Akan tetapi, ketika alkohol mulai dicerna didalam tubuh pada malam hari, Anda akan segera terbangun dikarenakan adanya lonjakan energi yang besar. Pada akhirnya, Anda pun akan merasa kesulitan untuk bisa tidur dengan nyenyak dan Anda pun akan kehilangan energi yang cukup banyak pada keesokan harinya.

4.Begadang di akhir pekan
Kebanyakan orang berpikir bahwa akhir pekan merupakan saat yang paling pas untuk bersantai. Cara berpikir seperti itu memang tidak ada salahnya. Namun, jangan sampai Anda menggunakannya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Karena esoknya hari libur, lantas Anda menggunakan waktu malam yang panjang hanya untuk begadang tanpa Ada manfaatnya. Kebiasaan seperti ini tidaklah baik sehingga pada akhirnya dapat berimbas pada kesehatan Anda.

Begadang boleh saja apabila hal itu ada manfaatnya. Namun, kalau itu hanya digunakan untuk bersenang-senang saja sebaiknya hentikan saja kebiasaan tersebut. Ketika Anda begadang diakhir pekan kemudian tidur hingga siang hari, hal itu dapat merubah siklus tidur dan mengganggu keseimbangan tubuh Anda. Pada akhirnya, ketika Anda akan memulai minggu yang baru di hari senin Anda akan merasa malas karena sangat lelah.

5. Bermain telepon genggam di malam hari
Saat ini telepon genggam dan smartphone telah menjadi kebutuhan wajib bagi kebanyakan orang. Tak jarang, ada orang yang ketika akan beranjak tidur pun masih sempat-sempatnya untuk menggunakannya. Padahal, menggunakan gadget seperti itu ketika hendak tidur bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Lampu yang dihasilkan oleh smartphone atau barang elektronik lainnya yang berada didalam kamar tidur bisa merusak siklus tidur. Tubuh biasanya mengenali cahaya sebagai waktu untuk bangun. sedangkan kegelapan, tubuh akan mengindikasikannya sebagai waktu untuk tidur. Cahaya yang dihasilkan oleh smartphone akan membuat Anda terbangun lebih lama sehingga bisa mengganggu siklus tidur dan tentunya menguras cukup banyak energi.

Nah, itulah setidaknya 5 kebiasaan yang mesti Anda hindari dan perbaiki dengan kebiasaan yang lebih baik. Apabila energi Anda berkurang dengan 5 kebiasaan diatas, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat namun tingkat gula yang didalamnya tetap rendah. Berapa makanan tersebut diantaranya adalah tomat, oat, walnut, blueberry.