Manfaat Vitamin B Kompleks

Tips Sehat dan Cantik - Vitamin B adalah suatu jenis vitamin yang mudah larut dalam air dan juga mempunyai peranan yang begitu penting dalam metabolisme tubuh. Dulu, para peneliti menduga bahwa vitamin B itu sama dengan jenis vitamin yang lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, dll. Namun, setelah penelitian dilakukan lebih lanjut lagi. Akhirnya, penelitian tersebut menunjukkan bahwa komposisi kimia yang ada didalamnya membedakan antara vitamin yang satu dengan yang lainnya.

Vitamin B sendiri terbagi kedalam beberapa bagian, yakni vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), B12 (kobalamin). Didalam beberapa jenis makanan tertentu ada yang mengandung lebih dari satu jenis vitamin B. Untuk makanan yang mengandung semua jenis vitamin B, maka makanan tersebut bisa dikatakan sebagai makanan yang mengandung vitamin B kompleks.

Manfaat Vitamin B KompleksSetiap bagian dari vitamin B tersebut memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. Untuk vitamin B1, B2, B3, dan B7 mengambil bagian dalam produksi energi. Vitamin B6 berfungsi untuk metabolisme asam amino. Sedangkan vitamin B12 dan asam folat membantu dalam pembelahan sel. Masing-masing vitamin ini memiliki fungsi tambahan lainnya.

Vitamin B banyak ditemukan dari buah dan sayur serta lauk pauk yang dimakan oleh Anda setiap harinya. Misalnya untuk jenis vitamin B1 diantranya kacang lentil, kacang almond, dan sayur bayam, selada kobis, ikan telur, susu, dan juga daging. Sedangkan untuk vitamin B2 banyak ditemukan pada ayam, ikan salmon, ikan tuna, dan juga terdapat pada pasta dan gandum utuh.

Apa saja manfaat vitamin B kompleks? Untuk mengetahui seperti apa saja manfaatnya, silahkan disimak beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari vitamin B.

1. Meningkatkan energi
Tubuh manusia membutuhkan vitamin B kompleks pada saat akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian menghasilkan sebuah energi pada saat melakukan aktivitas ataupun latihan. Bilamana tubuh kekurangan vitamin B, maka proses produksi energi pun tidak akan berjalan secara normal sehingga Anda akan mudah merasa lelah dalam menjalani aktivitas setiap harinya.

2. Meningkatkan fungsi otak
Dalam meningkatkan fungsi memori dan konsenstrasi, kebutuhan akan vitamin B kompleks sangatlah penting. Vitamin B bekerja dengan cara membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman homosistein yang dikenal sebagai racun bagi sel-sel saraf.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, vitamin B juga berperan dalam mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan juga stroke.

4. Menjaga sistem pencernaan
Bila Anda mengalami sebuah masalah pada bagian sistem pencernaan Anda itu berarti Anda harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa vitamin B itu sangat mudah larut dalam air sehingga ia mampu memperbaiki sistem pencernaan dan asam klorida.

5. Menjaga kesehatan kandungan
Untuk manfaat berikutnya adalah bagi mereka yang sedang menjalani masa kehamilan. Bagi seorang ibu hamil, kebutuhan akan vitamin B9 sangatlah penting karena hal itu dapat mengurangi risiko terjadinya cacat lahir yang serius. Vitamin B sangatlah efektif apabila diambil dalam jumlah yang cukup pada saat sebelum hamil dan selama awal masa kehamilan. Vitamin B atau asam folat memberikan kontribusi yang cukup baik dalam perkembangan DNA yang pada akhirnya mengoptimalkan pertumbuhan janin. Seorang ibu yang sedang hamil dan juga menyusui dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9 sekitar 400 mg setiap harinya.

Vitamin B kompleks cukup banyak ditemukan pada makanan buah-buahan ataupun sayuran. Namun, kalau sekiranya Anda kurang suka dengan makanan yang mengandung vitamin tersebut. Anda bisa juga mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B kompleks.

Itulah manfaat vitamin B kompleks yang bisa Anda ketahui pada saat ini. Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan baru buat Anda.