5 Macam Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Tips Sehat dan Cantik - Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling terkenal diseluruh dunia dikarenakan jumlah penggemarnya sangatlah banyak. Minuman yang terbuat dari biji olahan ini memang cenderung memiliki rasa pahit dan itulah yang membuat orang-orang diseluruh dunia sangat menyukai minuman yang satu ini. Salah satu bukti banyaknya penggemar kopi adalah Anda akan dengan mudah menemukan kedai kopi atau di Indonesia sendiri paling akrab disapa dengan yang namanya warung kopi. Selain itu banyak pula resep yang ditawarkan untuk Anda dalam menikmati secangkir kopi.

Minuman kopi dibuat dari biji kopi yang memiliki warna cokelat dengan kandungan kafein-nya yang cukup tinggi. Kafein yang ada dalam kopi biasa digunakan sebagai minuman penyegar tubuh, apalagi pada saat rasa ngantuk mulai melanda. Mungkin Anda sendiri juga pernah melakukan hal tersebut, bukan?

5 Macam Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Namun, tahukah Anda bahwa minum kopi itu tidak sebatas hanya sebagai penghilang rasa kantuk semata lho. Belakangan ini banyak orang yang memanfaatkan kopi sebagai perawatan tubuh dan juga wajah. Saat ini telah banyak produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran yang menambahkan kandungan kopi didalamnya. Hal ini dilakukan karena mereka meyakini bahwa biji-bijian yang satu ini mempunyai khasiat yang cukup baik terhadap kecantikan.

Apa saja ya khasiatnya, berikut ini merupakan beberapa khasiat kopi untuk kecantikan dan rambut Anda.

1. Menangkal radikal bebas
Didalam biji kopi terdapat kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan munculnya beragam masalah terhadap kesehatan kulit, seperti kanker, jerawat, dan penuaan dini. Oleh sebab itulah, banyak krim malam yang mengekstrak kafein dalam biji kopi untuk dijadikan kandungan tambahan didalamnya. Sebetulnya, Anda pun dapat langsung menikmati manfaatnya dengan cara membuat masker dari biji kopi yang dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun.



2. Menyamarkan selulit
Kandungan kafein pada kopi memang efektif untuk menyamarkan penampakkan selulit. Bahkan kopi bubuk ini menjadi rahasia seorang aktris Halle Berry dalam mendapatkan kulit sempurna tanpa adanya selulit. Anda dapat menggunakan kopi bubuk untuk dijadikan scrub terhadap tubuh Anda secara teratur. Lakukan pemijatan dengan cara gerakan melingkar selama beberapa menit pada permukaan kulit terutama pada bagian kulit yang paling banyak selulit. Selain dapat memecah lemak yang menggumpal di permukaan kulit, kopi bubuk tadi pun akan mengangkat sel kulit mati.

3. Menyamarkan kantung mata
Kafein dalam kopi begitu ampuh dalam mengatasi lingkaran gelap yang berada dibawah mata. Gunakanlah kopi bubuk yang sudah dicampurkan dengan sedikit air untuk mengompres bagian bawah mata yang menghitam. Lakukan perawatan yang satu ini supaya kantung mata dapat menghilang secara perlahan-lahan.

4. Meredakan peradangan
Selain mengandung antioksidan, kafein dalam kopi juga bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit yang sekaligus dapat mendinginkannya pula. Hal ini juga dapat digunakan terhadap kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari.

5. Menyuburkan rambut
Anda sudah tahu belum bahwa kafein juga cukup efektif dalam menyuburkan rambut? Kafein telah dipercaya mampu merangsang terjadinya pertumbuhan pada rambut yang sekaligus menguatkan pada bagian akar rambut. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda bisa menggunakan seduhan kopi sebagai air bilasan pada rambut Anda setelah melakukkan keramas. Jangan lupa, setelah didiamkan beberapa menit bersihkanlah rambut Anda dengan air bersih.

Itulah 5 macam khasiat kopi untuk kecantikan kulit dan rambut Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya! Oh iya, sebelumnya kami juga telah membahas masalah kopi terhadap kesehatan. Kalau berminat ingin membacanya, silahkan baca artikelnya di manfaat minum kopi bagi kesehatan