Lindungi Jantung Anda Dengan 4 Makanan Ini

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang mempunyai peranan penting didalamnya. Gangguan kesehatan jantung tidak hanya disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat, tetapi juga makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang bisa membuat jantung bermasalah seperti kentang goreng, burger berlemak, dan lainnya.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa ada makanan yang bisa membantu menyehatkan dan melindungi jantung dari berbagai penyakit. Apa saja makanan tersebut? berikut ini adalah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melindungi jantung dari segala penyakit.

Lindungi Jantung Anda Dengan 4 Makanan Ini

1. Bawang putih
Cukup banyak memang penelitian yang dilakukan untuk bahwa bawang putih ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan membantu menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah arteri. Berdasakan penelitian dari Weill Medical College of Cornell University di New york, zat dalam bawang putih memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Bawang putih dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian juga mengungkap bahwa mengonsumsi bawang putih selama empat minggu bisa menurukan kolesterol jahat hingga 12 persen. Bawang putih juga membantu membersihkan darah sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah yang bisa menyebabkan stroke.

2. Hazelnut
Berbagai jenis kacang diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, hazelnut adalah kacang khusus yang diketahui bisa menjaga kesehatan jantung. Hazelnut mengandung oleic acid dana sam lemak omega-9 yang bisa menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, dan menyelamatkan Anda dari serangan jantung. Sebuah penelitian dari European Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa mengonsumsi sekitar 30 gram hazelnut sehari bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik, menurunkan jumlah kolesterol jahat, dan mencegah timbunan plak pada arteri.

3. Kacang merah
Kacang merah yang dicampur kedalam makanan atau pun dibuat sebagai es ini mengandung asam lemak omega-3 yang berlimpah. Asam lemak omega-3 diketahui bisa mengurangi kolesterol buruk, membantu membersihkan arteri, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol kecepatan detak jantung. Sebuat penelitian baru mengungkap bahwa mengonsumsi empat porsi kacang merah dalam seminggu bisa menurunkan penyakit jantung 22%. Bila Anda ingin mengonsumsi kacang merah, campurkan dengan beberapa rempah seperti jahe, kunyit, dan basil untuk mengurangi produksi gas berlebih yang diakibatkannya.

4. Flaxseed
Flaxseed adalah biji-bijian yang berasal dari bunga flax. Biji-bijian ini mengandung asam lemak omega-3 yang diketahui ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology, mengonsumsi flaxseed yang digerus atau dicampur dengan makanan lain bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan jantung.

Itulah ke-4 makanan yang bisa membantu Anda dalam melindungi kesehatan jantung. Selain makanan yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi makanan lainnya. Mungkin dilain kesempatan kami akan membagikannya kepada Anda.