Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Tips Sehat dan Cantik - Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Ada beberapa senyawa yang masuk kedalam golongan vitamin A, diantaranya adalah retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Namun, pada umumnya istilah vitamin A lebih sering dikaitkan pada senyawa retinol saja bila dibandingkan dengan senyawa yang lainnya. Hal ini dikarenakan senyawa retinol memiliki peranan yang paling banyak berperan aktif didalam tubuh.

Bagi manusia, vitamin A sendiri mempunyai peranan yang cukup besar dalam hal pembentukan indra penglihatan. Vitamin A akan membantu dalam mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Seseorang yang kekurangan vitamin A seringkali berakibat fatal pada organ penglihatannya.

Vitamin A banyak terdapat pada jenis sayuran maupun buah-buahan. Seringkali kita tak sadar bahwa ketika mengonsumsi sayuran jenis tertentu, kandungan vitamin A didalamnya pun akan masuk kedalam tubuh kita. Sehingga tidak perlu khawatir karena tanpa kita sadari pun vitamin A akan masuk dan terserap oleh tubuh ketika kita mengonsumsi beberapa jenis sayuran dan buah-buahan tertentu.

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh Kita


Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh
Pada umumnya kita lebih sering mengenal manfaat vitamin A hanya sebatas untuk kesehatan mata saja. Padahal, manfaat yang diberikan dari vitamin A ini cukup banyak dan semuanya itu baik untuk kesehatan kita. Beberapa manfaat vitamin A terhadap kesehatan tubuh kita bisa disimak seperti dibawah ini.

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker payudara
Penelitian terbaru yang berasal dari Amerikan telah mengungkapkan bahwa vitamin A mampu menghambat terjadinya pertumbuhan kanker payudara yang lebih sering menyerang kaum hawa. Meskipun hal itu tidak terjadi secara langsung, akan tetapi bentuk daripada turunannya adalah berupa asam retinoat atau retinol dan inilah yang dapat menghambat terbentuknya jaringan kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa vitamin A mengandung retinil palmitat dan retinil asetat yang berguna untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh berbagai macam orgenisme kecil yang bisa merugikan tubuh.

3. Mengoptimalkan perkembangan janin
Bagi seorang ibu hamil, kebutuhan vitamin A sangatlah penting. Pasalnya, sifat yang dimiliki oleh vitamin A itu sangatlah mudah larut dalam air dan lemak sehingga hal itu sangat diperlukan bagi kesehatan si jabang bayi. Manfaat tersebut diantaranya adalah untuk membantu perkembangan sel mata, organ mata, pertumbuhan tulang, kesehatan kulit, dan membantu perkembangan organ jantung.

4. Menghambat proses penuaan dini
Vitamin A mampu menghasilkan sendiri antioksidan yang mana hal tersebut dapat berguna dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan udara tidak bersih yang telah terhirup oleh sistem pernafasan kita. Radikal bebas dapat mengakibatkan terjadinya proses penuaan dini. Untuk itu, upaya yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan dini adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A.

5. Membantu proses penyembuhan luka
Tercukupinya kebutuhan vitamin A dalam tubuh mampu membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh Anda. Sehingga hal tersebut dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan makanan yang banyak mengandung vitamin A, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin A.

1. Buah-buahan
2. Sayur-sayuran
3. Biji-bijian
4. Umbi-umbian
5. Sereal
6. Hewani
7. Hasil olahan

Demikian informasi yang bisa Kami sampaikan untuk Anda mengenai manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh Anda. Mulai dari sekarang penuhilah kebutuhan harian vitamin A bagi tubuh Anda.