7 Langkah Mudah Cerdaskan Otak Anak

Anak merupakan investasi yang tidak ternilai bagi mereka yang telah berkeluarga. Merawat anak memang membutuhkan perhatian yang maksimal. Cara mendidik, serta gaya hidup dalam merawat anak menjadi salah satu faktor penentu dalam mencerdaskan otak anak.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat otak anak menjadi cerdas. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Langkah Mudah Cerdaskan Otak Anak

1. Mulai sejak dini
Caranya adalah dengan memastikan calon ibu memiliki kesehatan yang baik dan cukup gizi. Jagalah kesehatan sang ibu dan juga calon bayi dari zat-zat yang dapat membahayakannya seperti alhokol, obatan-obatan, rokok, dan merkuri. Penuhi kebutuhan gizi khusus untuk perkembangan otak bayi, seperti asam folat dan minyak ikan. Saat ini banyak sekali obat-obatan yang tidak di anjurkan selama masa kehamilan. Sebelum mengambil obatan-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

2. Berikan mainan cerdas
Mainan rupanya memainkan peranan penting dalam perkembangan otak bayi Anda. Tidak semua jenis mainan bisa digunakan untuk menunjang perkembangan otak sang bayi, karena beberapa mainan ada yang bisa membuat mereka frustasi. Pilihlah mainan sederhana, seperti membelikannya mainan buka tutup untuk mengasah imajinasi serta membantu membangun koordinasi antara mata dan tangan.

3. Bermainan tanda
Ketika bayi Anda telah menginjak usia 4 bulan, ajaklah bayi Anda untuk mempelajari tanda-tanda. Sebuah penelitian menunjukan bahwa menggunakan bahasa isyarat mengarah ke peningkatan dalam bahasa lisan serta IQ yang lebih tinggi.

4. Pemberian ASI
ASI mengandung nutrisi yang tak terhitung pentingnya bagi perkembangan sang buah hati. Salah satu unsur terpenting itu adalah asam docosahexaenoic (DHA), yang merupakan asam lemak esensial yang baik untuk perkembangan otak. Banyak perusahaan makanan telah mencoba untuk meniru bahan ini dilaboratorium dan menambankannya ke makanan bayi. Namun, belum ada yang bisa menyamai DHA alami seperti yang terdapat dalam ASI.

5. Kontak fisik
Dengan adanya belaian dan sentuhan Anda kepada bayi sangatlah penting untuk pertumbuhan emosialnya. Membelai rambut, tungkai, dan tubuh juga membantu membuat koneksi neurologis yang penting untuk perkembangan otak. Ini juga akan membantu memperkuat ikatan Anda dengan bayi Anda.

6. Membacakan cerita
Meskipun bayi belum memahami isi cerita yang disampaikan, namun membaca terus-menenurus akan membantu bayi untuk mendengar, mengenali kata-kata dan artinya. Proses ini penting dalam membantu cara bicara dan membangun kosa kata bayi.

Demikian tips mudah untuk mencerdaskan otak Anak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!