Inilah Pentingnya Perbanyak Konsumsi Sayuran

Tips Sehat dan Cantik - Kita semua tahu bahwa sayuran adalah salah satu makanan sehat yang mempunyai kandungan nutrisi cukup banyak dan sangat diperlukan oleh tubuh. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang kurang suka dengan sayuran bahkan orang dewasa pun ada juga yang tidak menyukainya. Banyak orang dewasa yang berpikiran bahwa tidak mengonsumsi sayuran juga tidaklah mengapa, karena mereka merasa bahwa tubuh mereka cukup sehat sehingga tidak perlu mengonsumsi sayuran.

Kalau sekiranya Anda mempunyai pikiran yang sama dengan mereka, sebaiknya Anda perlu baca artikel yang satu ini. Karena, Anda akan tahu alasannya mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran setiap harinya. Berikut ini adalah alasan kenapa Anda harus rajin mengonsumsi sayuran.

Inilah Pentingnya Perbanyak Konsumsi Sayuran
1. Mencerahkan kulit
Orang yang suka dan membiasakan mengonsumsi sayuran setiap harinya akan mempunyai kulit lebih bercahaya bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Hal ini dikarenakan adanya kandungan karotenoid yang terdapat pada sayuran yang membuat kulit Anda terasa lebih halus dan tampak berkilau.

2. Membantu kurangi berat badan
Apabila Anda sedang menjalani program menurunkan berat badan, cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayuran daripada karbohidrat. Sayuran yang mempunyai kandungan air cukup banyak dan memiliki serat yang cukup dapat membantu membuang racun dan lemak didalam tubuh. Sementara kandungan seratnya ialah untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Melawan kanker
Mengonsumsi sayuran bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker karena adanya kandungan phytochemical didalamnya. Cukup banyak penelitian kesehatan yang telah membuktikannya bahwa mereka yang banyak makan sayur akan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker.

4. Meningkatkan penglihatan
Kandungan zat antioksidan seperti halnya lutein dan zeaxanthin dalam sayur dapat membantu mengurangi risiko penurunan penglihatan. Selain itu, kandungan vitamin A yang banyak ditemukan pada sayuran hijau misalnya bayam, brokoli, dan kubis mampu menjaga agar mata Anda selalu sehat.

5. Mengurangi risiko diabetes
Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga risiko Anda untuk menderita diabetes akan berkurang. Namun, perlu di ingat juga bahwa hal ini hanya berlaku untuk sayuran yang masih segar saja.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sayuran dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda berkat adanya kandungan vitamin dan mineral yang ada didalamnya. Dengan demikian, mengonsumsi sayuran setiap hari dapat menjauhkan Anda dari berbagai serangan penyakit.

7. Menyehatkan jantung
Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan serat didalam sayuran mampu mengurangi risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta menjaga tekanan darah supaya tetap sehat. Baca artikel kami tentang 7 makanan ini sehatkan jantung Anda

Itulah 7 alasan penting mengapa Anda harus rajin mengonsumsi sayuran minimal sekali dalam sehari. Meskipun sayuran rasanya tidak selezat makanan olahan, namun yang pasti makanan tersebut memiliki manfaat yang luar biasa untuk menunjang kesehatan Anda.