Inilah 5 Cara Untuk Menjaga Ketajaman Otak

Otak merupakan salah satu organ manusia yang mempunyai peranan penting dalam menjalani kehidupan. Kinerja otak akan menurun seiring dengan bertambahnya usia kita. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri, karena sebenarnya hal tersebut tidak dialami oleh satu orang saja melainkan oleh kebanyakan orang. Namun, tentunya Anda tidak ingin mengalami penurunan kemampuan otak pada saat menua, bukan? Berdasarkan hasil dari penelitian HealthFocus International, 85% orang dewasa yang telah berusia diatas 50 tahun bermasalah dengan ketajaman otak, sementara 70% merasa khawatir dengan penyakit otak seperti alzheimer atau demensia.

Inilah 5 Cara Untuk Menjaga Ketajaman Otak

Untuk menjaga ketajaman otak, Anda tak harus menunggu tua terlebih dahulu. Anda harus menjaga kesehatan dan kemampuan otak sejak muda. Berikut ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan jika Anda ingin menghindari berbagai masalah yang berkaitan dengan kemampuan otak di usia senja, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Lebih banyak konsumsi Omega-3
Asam lemak omega-3 terdiri atas EPA dan DHA yang bisa kita dapatkan melalui ikan dan makanan laut atau suplemen. Sebuah penelitian tahun 2014 mengungkapkan bahwa orang yang kekurangan EPA dan DHA akan mengalami penurunan kemampuan mental dan ingatan dua tahun lebih cepat, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi cukup EPA dan DHA. EPA dan DHA bisa didapatkan melalui asam lemak ikan, seperti salmon, sarden, dan makarel.

2. Lemak sehat
Peneliti mengungkap bahwa diet mediteranian adalah yang paling baik untuk menjaga kesehatan otak. Diet mediterania melibatkan banyak lemak sehat yang didapatkan dari tumbuhan dan minyak seperti minyak zaitun. Selain itu, diet ini membantu Anda menghindari daging merah, produk susu, dan gula yang bisa memberikan efek negatif pada otak.

3. Tingkatkan antioksidan
Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga membantu meningkatkan kesehatan otak dan daya ingat. Beberapa makanan yang kaya antioksidan antara lain buah berry, kacang, buah, sayur, kopi, dan teh. Karena antioksidan seringkali melewati aliran darah dengan cepat dan meninggalkan tubuh, maka Anda harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, termasuk ketika ngemil atau makan.

4. Perhatikan berat badan
Anda mungkin pernah berpikir bahwa berat badan dan otak tak saling mempengaruhi. Ini adalah anggapan yang salah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa berat badan juga berpengaruh terhadap fungsi otak dan daya ingat. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan penurunan kemampuan kognitif dan daya ingat yang menurun. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa lingkar pinggang yang terlalu lebar bisa meningkatkan risiko demensia di usia tua hingga dua kali lipat.

5. Tingkatkan aktivitas
Gaya hidup yang aktif tak hanya berpengaruh pada kebugaran tubuh saja, tetapi juga kesehatan otak. Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manula yang memiliki gaya hidup aktif berkemungkinan lebih kecil untuk terkena demensia. Mereka juga memiliki kemampuan otak yang lebih cepat dan daya ingat yang lebih baik daripada orang dewasa yang memiliki gara hidup pasif dan jarang berolahraga.

Itulah 5 cara diatas bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan otak agar tetap tajam. Lakukanlah hal-hal diatas agar daya ingat tetap maksimal dan terhindar dari berbagai macam penyakit otak.