Makanan Yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Hamil

Tips Sehat dan Cantik - Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting baik itu bagi seorang ibu atau juga calon bayi. Pada masa itu, kebutuhan nutrisi sangatlah penting untuk diperhatikan karena dapat memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan ibu dan calon bayi. Ketika sedang menjalani masa kehamilan, seorang ibu harus pandai memilah dan memilih makanan seperti apa yang baik untuk kesehatannya.

Makanan Penting Saat Hamil
Bila Anda sedang menjalani masa kehamilan dan bingung harus makan-makanan seperti apa, berikut adalah beberapa makanan yang tidak boleh dilewatkan saat hamil, yaitu:

Susu
Minuman yang kaya akan nutrisi ini memang dibutuhkan oleh seseorang yang sedang menjalani masa kehamilan. Minumlah segelas susu pada saat pagi dan malam hari. Hindarilah minum susu yang mengandung lemak.

Telur
Kuning telur kaya akan kandungan vitamin D. Selain itu, ia juga mampu memberikan kontribusi yang baik terhadap bayi. Makanlah setidaknya satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan vitamin A bagi janin. Anda bisa menikmati telur dengan cara direbus atau dibikin orak-arik.

Labu
Labu mengandung sejumlah vitamin A yang sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Wortel
Wortel mengandung banyak nutrisi didalamnya. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk merangsang dan menyegarkan kebugaran ASI. Anda dapat mengonsumsi wortel baik dengan cara di jus atau bisa juga dibuat sup.

Stroberi
Untuk memenuhi kebutuhan asam folat disetiap harinya, Anda bisa memilih stroberi untuk mencukupi kebutuhan asam folat harian Anda. Dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus sama baiknya untuk Anda dan bayi Anda.

Jeruk
Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin D. Mengonsumsi jus jeruk minimal sekali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Grapefruit
Grapefruit merupakan makanan yang tepat untuk bayi yang sedang tumbuh dalam rahim seorang ibu. Selain itu, buah yang satu ini juga dapat menjaga ibu hamil tetap sehat dan aktif.

Jambu biji
Selain jeruk, jambu biji juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Biasakan untuk mengonsumsi jambu biji sekali dalam setiap harinya.

Tomat
Mengonsumsi tomat dapat membantu pembentukan glikogen dalam liver. Disamping itu, tomat juga mampu menjaga stamina dan menyehatkan tubuh selama masa kehamilan.

Bayam
Sayuran favorit tokoh kartun popeye ini mengandung asam folat dan vitamin A. Rajin mengonsumsi bayam dapat membantu dalam proses pembentukkan paru-paru dan sistem saraf janin.

Kacang
Menikmati segenggam kacang seperti halnya kacang almond dan pistachio tidak hanya baik untuk ibu hamil melainkan baik juga untuk janin yang ada dalam rahim.

Oatmeal
Oatmeal merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin K yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, oatmeal juga mengandung kalsium, magnesium, dan mangan yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan tulang janin.

Sudahkah Anda mengonsumsi beberapa makanan diatas? Kalau belum, konsumsi sekarang juga dan rasakan manfaatnya. Itulah beberapa makanan yang tidak boleh terlewatkan pada masa kehamilan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga artikel Makanan yang Harus di Hindari Ibu Hamil