Tips Mencegah Flu di Musim Penghujan

Tips Sehat dan Cantik - Saat musim penghujan tiba udara disekitar Anda akan menjadi lembab dan itu merupakan suatu kondisi dimana virus mampu berkembang biak dengan cepat. Dengan begitu, maka ancaman penyakit pun akan siap menghampiri Anda. Salah satu penyakit yang paling banyak dialami pada saat musim penghujan adalah flu.

Olahraga memang salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan sehingga tubuh tidak akan mudah untuk terserang penyakit. Namun di cuaca dingin seperti ini membuat kebanyakan orang merasa malas untuk berolahraga. Sakit flu memang dapat di cegah dengan berolahraga, namun bukan hanya olahraga saja yang dapat mencegah flu.
Tips Mencegah Flu di Musim Penghujan
Berikut ini ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan guna menjaga tubuh Anda supaya tidak mudah terserang flu pada saat musim penghujan.

1. Perbanyak minum teh dengan lemon dan juga madu
Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menghindarkan Anda dari serangan flu. Nah, minum teh yang dipadukan dengan lemon kemudian dicampurkan dengan beberapa sendok madu murni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, minuman ini juga dapat menghangatkan tubuh Anda.

2. Minum jus
Selain dengan minum teh, cara aman untuk mencegah flu bisa juga dengan minum jus. Minum jus dapat membantu membuang racun dari sistem kelenjar getah bening sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin C yang berasal dari buah-buahan tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Perbanyak konsumsi mineral
Mineral merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang banyak mengandung mineral seng diantaranya adalah sayuran hijau, daging, dan juga biji-bijian.

4. Perbanyak konsumsi protein
Makanan kaya akan protein dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu cobalah untuk perbanyak konsumsi makanan tinggi protein yang disisi lain juga rendah lemak.

5. Biasakan menggunakan hand sanitizer
Menjaga kebersihan merupakan faktor yang sangat penting untuk mencegah masuknya berbagai virus kedalam tubuh. Untuk itu gunakanlah hand sanitizier demi mencegah sekaligus membunuh bakteri dan virus yang merupakan salah satu penyebab penyakit.

6. Istirahat yang cukup
Gunakanlah waktu istirahat Anda sebaik mungkin. Istirahat selama 6-8 jam perhari merupakan kebiasaan baik yang dapat membuat tubuh Anda tetap sehat.

7. Hindari minuman beralkohol
Sering begadang kemudian ditemani dengan minuman beralkohol akan menjadikan kondisi tubuh Anda semakin lemah dikarenakan sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Sehingga tubuh Anda nantinya akan mudah sekali untuk terserang penyakit seperti flu.

Rupanya itulah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan supaya tubuh Anda tidak mudah untuk terserang penyakit semisal flu. Intinya, biasakan untuk melakukan pola hidup sehat dan seimbang.