Manfaat Olahraga Saat Remaja Membuat Tulang Kuat di Usia Senja

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa olahraga itu memang merupakan salah satu kegiatan yang banyak memberikan manfaat bagi pelakunya. Tidak hanya anak muda saja, orang tua pun banyak yang melakukan olahraga. Rajin berolahraga ketika masih muda tidak hanya memberikan manfaat untuk saat itu saja, melainkan manfaat tersebut akan terus terasa sampai ia dewasa dan tua. Sebuah penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa olahraga secara teratur di usia muda dapat meningkatkan kesehatan tulang dan juga menguatkannya hingga usia tua.

Manfaat Olahraga Saat Remaja Membuat Tulang Kuat di Usia Senja

Ketika seseorang mulai berolahraga sejak usia muda hingga mereka dewasa, mereka akan mendapatkan manfaat yang sangat besar, ungkap peneliti Stuart Warden dari Indiana University School of Health and Rehabilitation Sciences.

Setelah para peneliti melakukan pengamatan pada 103 pemain baseball profesional. Mereka membandingkan massa tulang, ukuran dan kekuatan otot mereka selama masih aktif bermain dan setelah pensiun. Ketika muda mereka mengalami peningkatan masa dan kekuatan otot sehingga di masa tua, otot mereka lebih besar dan kuat.

Ketika mereka sudah tak berlatih di usia tua, massa tulang mereka menghilang, namun kekuatan otot mereka tidak. Ketika berusia 80 tahun, pemain yang sudah tak aktif masih memiliki massa tulang dan otot yang baik. Sementara itu, pemain yang masih aktif sampai tua memiliki massa otot 28 persen lebih kuat.

Para peneliti berharap agar hasil penelitian ini memberikan dorongan bagi para remaja untuk rajin berolahraga dan melakukan gaya hidup yang aktif agar mereka memiliki tulang dan otot yang kuat bahkan ketika mereka sudah lanjut usia.