Manfaat Brokoli dan Kandungan Gizi didalamnya

Tips Sehat dan Cantik - Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mempunyai nama latin Brassica oleracea L. Jenis sayuran yang satu ini termasuk kedalam keluarga kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli sendiri berasal dari daerah laut tengah dan telah lama dibudidayakan oleh masyarakat Yunani Kuno. Brokoli masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970 an, boleh di bilang brokoli ini belum lama hadir di Indonesia.

Meskipun dikatakan sebagai pendatang baru, di Indonesia ternyata brokoli ini telah menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup terkenal lho. Bahkan waktu pertama kali brokoli hadir di Indonesia, harga yang ditawarkan untuk jenis sayuran hijau ini cukup mahal sehingga brokoli ini termasuk kedalam salah satu jenis sayuran paling berkelas.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya dalam beberapa tahun ini sayuran tersebut telah berhasil dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun saat ini Anda bisa dengan mudah mendapatkannya, namun tetap saja predikat yang telah melekat pada brokoli sebagai sayuran berkelas tidak bisa dilepaskan begitu saja. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya restoran terkemuka di Indonesia yang masih menyajikan brokoli pada salah satu menu makanannya.
Manfaat Brokoli
Dengan warna hijaunya yang begitu menggoda, kandungan gizi serta nutrisi yang ada didalamnya membuat sayuran berkelas ini mempunyai manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh. Menurut Anda, kira-kira apa saja sih kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada brokoli? Terus, apa saja manfaat brokoli terhadap kesehatan? Daripada bingung memikirkannya, lebih baik simak saja ulasannya berikut ini.

Kandungan gizi atau pun nutrisi didalam brokoli rupanya ada banyak dan bisa dibilang cukup lengkap. Kandungan gizi dan nutrisi tersebut diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K serta mineral zat besi dan kalsium. Selain itu, kandungan serat yang dimilikinya pun sangat baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan


Mengonsumsi brokoli secara rutin dan tidak berlebihan ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat baik terhadap kesehatan. Berikut ini adalah manfaat brokoli yang bisa Anda dapatkan.

Menjaga kesehatan mata
Pada umumnya orang lebih mengetahui bahwa sayuran yang mempunyai manfaat sangat baik terhadap kesehatan mata adalah wortel. Hal itu memang tidak salah, namun bukan hanya wortel saja yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Melainkan brokoli juga mempunyai manfaat yang cukup baik untuk kesehatan mata. Menurut beberapa penelitian, kandungan lutein karotenoid didalam brokoli dapat mencegah penyakit pada mata, misalnya katarak. Selain itu, kandungan vitamin A dalam brokoli pun dapat menyehatkan retina.

Mengatur tekanan darah
Bagi penderita tekanan darah tinggi, brokoli ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka. Karena brokoli ini mengandung potasium yang dapat membantu mengatur atau menstabilkan tekanan darah.

Menjaga kesehatan tulang
Untuk menjaga kesehatan tulang dibutuhkan yang namanya mineral kalsium dan juga vitamin K. Nah, kedua kandungan gizi tersebut bisa Anda dapatkan dari sayuran yang bernama brokoli ini. Ingin tulang Anda sehat dan kuat? Jalangan lupa untuk makan brokoli ya.

Mencegah kanker
Para ilmuwan telah menyatakan bahwa brokoli ternyata dapat mendetoksifikasi tubuh serta dikenal pula mempunyai sifat sebagai pencegah terjadinya kanker, baik itu kanker payudara, kanker usus besar, kanker ovarium dan kandung kemih. Brokoli dapat mencegah kanker karena memang didalam sayuran tersebut mempunyai kandungan indole dan isothiocyanate.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut Elizabeth Somer yang merupakan pakar kesehatan dan makanan, brokoli kaya akan kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Selain itu, brokoli juga terdiri dari fitonutrien, fitokimia, dan sulforaphane yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Menyehatkan sistem saraf
Brokoli memang mempunyai kandungan kalium di dalamnya, dan itu sangat bermanfaat untuk menjaga sistem saraf Anda supaya tetap sehat.

Membersihkan kulit
Untuk membersihkan kulit tidak selamanya harus dengan menggunakan produk kecantikan, Anda bisa kok membersihkan kulit dengan brokoli. Sebab brokoli mengandung glucoraphanin yang baik untuk proses detoksifikasi kulit.

Ternyata manfaat brokoli untuk kesehatan itu cukup banyak ya, mulai dari sekarang jangan pernah ragu lagi untuk mengonsumsi sayuran hijau yang menyehatkan ini. Semoga bermanfaat ya...