Ini Dia Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Anda pasti tahukan dengan keju? Nah, kali ini kami akan memberikan ulasan yang cukup menarik tentang manfaat keju bagi kesehatan tubuh Anda. Kira-kira apa saja ya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sepotong keju? Simak ulasannya yuk...

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang sangat terkenal didunia. Keju sendiri dibuat dari proses koagulasi protein susu casein. Pada umumnya keju dibuat dari susu sapi, namun ada juga beberapa jenis keju yang dibuat dengan menggunakan susu hewan mamalia misalnya kambing, domba, rusa kutub, unta, dll.

Makanan yang sudah mendunia ini ternyata telah dikonsumsi oleh manusia selama berabad-abad. Meskipun tidak dapat diketahui secara pasti kapan keju pertama kali dibuat, namun ada beberapa bukti yang mengatakan bahwa keju yang pertama kali dibuat mungkin oleh orang-orang yang berasal dari timur tengah (suku-suku nomaden Turki di Asia Tengah). Salah satu bukti arkeologi paling awal tentang pembuatan keju di temukan di makam mesir yang bertanggal 2000 SM.
manfaat keju
Sampai saat ini telah tercatat setidaknya ada ribuan jenis keju yang telah diproduksi yang dibedakan berdasarkan jenis susu, jenis mikroba, jenis zat penggumpal, tekstur, citarasa, dan lain sebagainya. Karena bahan yang digunakan untuk pembuatan keju adalah susu, maka tidak heran kalau kandungan gizi yang dimilikinya hampir sama dengan kandungan gizi yang ada pada susu.

Beberapa kandungan gizi yang tersimpan dalam keju diantaranya adalah kalsium, protein, vitamin, zinc, dan fosfor.  Berikut ini setidaknya ada 7 manfaat keju yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Keju Terhadap Kesehatan


Menguatkan tulang
Seperti halnya susu, keju kaya akan kandungan kalsium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Selain itu, keju juga mangandung vitamin B yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Seorang ibu hamil, ibu menyusui, lansia, dan juga anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsi keju.

Mencegah kanker
Didalam keju terdapat kandungan asam linoleat dan sphingolipids yang dapat membantu mencegah seseorang dari kanker. Selain itu, kandungan vitamin B didalamnya pun dapat membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membuat gigi sehat
Keju kaya akan kandungan kalsium. Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, kalisum tersebut rupanya bermanfaat juga untuk kesehatan gigi Anda. Bukan hanya sekedar menguatkan gigi saja, akan tetapi keju juga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang yang disebabkan oleh plak dan juga asam yang diproduksi di mulut.

Menyehatkan kulit
Untuk membuat kulit Anda sehat, halus, dan tampak lebih bercahaya sebaiknya mulailah konsumsi keju secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan keju mengandung vitamin B dan seng yang bermanfaat untuk kulit Anda.

Meningkatkan berat badan
Bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan dengan cara sehat, bisa dicoba dengan mengonsumsi keju. Karena, keju mengandung beberapa lemak sehat yang dapat membantu menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh.

Baik untuk ibu hamil
Selama tidak berlebihan, mengonsumsi keju baik untuk ibu hamil. Sebab kalsium yang ada didalam keju berguna untuk menyehatkan tulang bayi sekaligus merangsang kontraksi selama persalinan. Bagi seorang ibu yang sedang menyusui, mengonsumsi keju dapat membantu memperlancar ASI.

Meningkatkan kualitas tidur
Anda susah tidur? Cobalah atasi dengan mengonsumsi keju. Kandungan asam amino dan juga tryptophan didalamnya sangat baik untuk menurunkan kadar stres sehingga Anda pun bisa tidur lebih nyenyak dan kualitas tidur pun dapat meningkat.

Untuk merasakan manfaatnya cobalah untuk mengonsumsi keju secara rutin dan tidak berlebihan. Selain itu, menikmati keju pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dipadukan dengan makanan lainnya.

Itulah informasi singkat tentang manfaat keju untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya...