6 Makanan Sehat Untuk Ibu yang Sedang Hamil

Tips Sehat dan Cantik - Makanan sehat untuk ibu hamil itu ada banyak lho dan dari sekian banyaknya makanan sehat tersebut, disini akan coba kami sampaikan kepada Anda mengenai apa saja sih makanan yang baik dan menyehatkan untuk seorang ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa setiap makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil itu mempunyai andil yang cukup besar dalam memengaruhi kesehatan sang ibu dan juga janin yang ada dalam kandungannya.

Bagi seorang ibu yang pernah mengalami masa kehamilan mungkin tidak akan begitu khawatir karena ia sudah tahu betul tentang makanan apa saja yang baik untuk dirinya dan janin yang berada dalam kandungannya. Hal ini tentu akan berbeda apabila Anda baru pertama kali mengalami masa kehamilan. Untuk itu, dibawah ini terdapat beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa memberikan efek yang sangat baik bagi keduanya.

Makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil


Photo Credit:iStockphot/Thinkstock
Makanan kaya vitamin
Vitamin sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Salah satu vitamin yang diperlukan oleh seorang ibu hamil adalah vitamin D yang dapat diperoleh dari sinar matahari pagi. Atau bisa juga mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12.

Makanan kaya akan protein
Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan mental sang bayi. Selain itu, protein juga mampu menjaga tubuh wanita agar tetap berenergi. Makanan yang kaya akan protein diantaranya adalah telur, susu, dan juga kacang-kacangan.

Makanan kaya zat besi
Apabila seorang wanita hamil kekurangan zat besi, maka wanita tersebut akan sangat rentan sekali menderita anemia. Dengan kondisi yang seperti itu tentunya akan memberikan efek yang kurang baik terhadap pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, penuhilah kebutuhan zat besi harian Anda dengan mengonsumsi makanan seperti polong-polongan.

Makanan kaya akan asam folat
Tahukah Anda bahwa wanita hamil yang kekurangan asam folat itu bisa mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan cacat. Oleh karena itu makanan seperti sayur-sayuran hijau, buahan-buahan, dan juga biji-bijian merupakan makanan yang baik untuk seorang ibu hamil.

Makanan kaya omega-3
Omega-3 mempunyai peranan yang sangat vital karena berfungsi untuk membentuk sistem imun sang bayi ketika di lahirkan nanti. Anda bisa mendapatkan omega-3 dari mengonsumsi makanan seperti alpukat dan juga ikan salmon.

Makanan pelancar sistem pencernaan
Wanita hamil bisa saja mengalami gangguan sistem pencernaan. Sehingga makanan yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sangat penting untuk dikonsumsi setiap harinya. Contoh makanan yang baik untuk sistem pencernaan Anda adalah yogurt, buah, dan sayur.

Itulah informasi makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa kami bagikan kepada Anda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa konsultasikan kepada dokter yang telah berpengalaman dalam bidang nutrisi dan gizi.