5 Makanan Yang Sebaiknya di Hindari Setelah Berolahraga

Tips Sehat dan Cantik – Sebelumnya kami telah memberikan informasi kepada Anda mengenai 6 Makanan yang Wajib di Konsumsi Setelah Berolahraga. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai 5 makanan yang  sebaiknya di hindari setelah berolahraga.

Olahraga merupakan cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. Namun, untuk menjaga supaya tubuh tetap dalam kondisi prima sebaiknya Anda perhatikan pula tentang makanan apa saja yang sebaiknya tidak Anda konsumsi setelah melakukan olahraga. Karena, beberapa jenis makanan tertentu memang tidak dianjurkan dan disarankan untuk menghindarinya.

Apa saja makanan tersebut? Berikut ini setidaknya terdapat 5 makanan yang sebaiknya Anda hindari setelah olahraga.

5 Makanan Yang Sebaiknya di Hindari Setelah Berolahraga
www.ishidaeurope.com
1. Makanan yang banyak mengandung gula atau soda
Gula memang manis. Namun, kebanyakan mengonsumsi gula juga tidak akan memberikan manfaat semanis rasanya. Gula dapat memberikan efek yang dapat merusak tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu efek yang dapat ditimbulkannya adalah dapat memperlambat proses metabolisme tubuh. Seperti yang Anda ketahui bahwa metabolisme tubuh mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Semakin cepat proses metabolisme tubuh, semakin cepat pula Anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Mengonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung gula setelah berolahraga sebaiknya di hindari terlebih dahulu. Serta minuman bersoda juga perlu Anda hindari karena mempunyai efek yang bisa dikatakan hampir sama dengan gula. Sebaiknya, Anda mengonsumsi air putih setelah melakukan olahraga atau Anda bisa minum jus tanpa gula tambahan didalamnya.

2. Makanan berlemak dan berbagai jenis snack
Apabila Anda melakukan olahraga dengan tujuan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, maka mengonsumsi makanan berlemak memang sebaiknya dikurangi bila memungkinkan sebaiknya dihindari. Setelah berolahraga, tubuh Anda akan memerlukan banyak glikogen yaitu zat penting yang diproduksi dan disimpan dalam otot dan hati. Makanan berlemak tidak memberikan kontribusi yang baik untuk penyimpanan glikogen. Makanan berlemak dapat meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh Anda dan pada akhirnya dapat meningkatkan risiko sakit jantung.

3. Sayuran mentah
Tidak semua jenis sayuran mentah itu baik dikonsumsi sehabis melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan setelah melakukan olahraga, tubuh akan kehilangan banyak nutrisi. Apabila Anda memfokuskan diri pada sayuran saja, maka hal itu tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Anda setidaknya membutuhkan ekstra serat dan protein yang tidak semuanya bisa Anda dapatkan dengan hanya makan sayuran saja.

4. Cokelat
Manfaat cokelat memang cukup banyak, diantaranya adalah untuk meningkatkan memori otak, serta membantu Anda untuk mengurangi risiko kanker. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa cokelat sebaiknya tidak dikonsumsi setelah Anda melakukan olahraga. Karena, mengonsumsi cokelat tidak banyak memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

5. Energy bars
Energy bars atau kue khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan energi Anda sebelum latihan. Artinya, makanan yang satu ini tidak cocok dikonsumsi apabila Anda telah selesai latihan. Alasannya, energy bars mengandung banyak gula yang dapat memperlambat proses metabolisme tubuh dan merangsang produksi lemak.

Itulah 5 jenis makanan yang sebaiknya di hindari apabila Anda telah usai melakukan olahraga. Kombinasikan olahraga yang teratur dengan pola makan yang sehat supaya berat badan yang ideal bisa Anda dapat.

Oh iya, jangan lupa untuk membaca artikel kami yang membahas tentang Menu Makanan Sehat yang Wajib Anda Konsumsi atau kalau Anda seorang pria, sebaiknya baca juga artikel tentang 10 Makanan Sehat Untuk Pria