Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik – Anda tahukan dengan buah ceri? Buah yang satu ini seringkali hadir untuk dijadikan hiasan baik itu untuk makanan ataupun minuman. Di Negara Jepang, ceri merupakan salah satu pohon yang paling disukai. Ketika awal musim semi tiba, disaat itu pula bunga ceri bermekaran dan banyak orang-orang yang berpiknik di taman-taman yang di tumbuhi pohon ini.

Buah ceri berbentuk kecil dan berwarna merah ketika sudah masak. Meskipun buahnya kecil, namun manfaat yang bisa didapatkan cukup banyak dan semuanya itu sangat baik untuk kesehatan Anda. Buah yang lezat ini mempunyai kandungan gizi diantaranya seperti Antioksidan, Mineral, Ellagic acid, Vitamin A, Vitamin C, Bioflavonoid, Melatonin, Anthocyanin, dan Perillyl.

Dikarenakan buah ceri sulit dibudidayakan di Indonesia, tidak mengherankan kalau buah ceri memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Pengen tahu apa saja manfaatnya? Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah ceri yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan
Mengatasi asam urat
Buah ceri dapat membantu Anda untuk mengatasi asam urat. Hal ini dikarenakan buah ceri mempunyai kandungan kimia alami berupa anthocyanin yang dapat mengurangi terjadinya peradangan sehingga mampu mengurangi nyeri sendi. Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Human Nutrition Research Center di University of California menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi 280 g tart ceri mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sebanyak 15% dalam satu malam saja.

Membantu tidur nyenyak

Didalam ceri terdapat kandungan melatonin yang dapat membantu otak untuk mengatur tidur, mencegah hilangnya memori serta menunda proses penuaan. Berdasarkan data ilmuwan di Universitas Northumria di Inggris terungkap relawan yang minum jus ceri memiliki melatonin yang signifikan.

Memulihkan otot
Ceri mempunyai kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri pada otot. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Oregon Health dan Science University di Amerika menunjukkan Atlet yang minum jus ceri sebelum lari jarak jauh, ternyata lebih sedikit mengalami nyeri otot setelah lomba bila dibandingkan dengan orang yang tidak minum jus ceri.

Meningkatkan libido
Buah ceri sangat bermanfaat untuk menambah keharmonisan terhadap pasangan suami istri. Pasalnya, kandungan vitamin A dan vitamin C didalamnya dapat meningkatkan libido pada pria ataupun wanita.

Menghaluskan kulit
Ilmuwan dari Michigan State University di Amerika Serikat menyatakan bahwa dengan minum satu gelas jus ceri setiap hari mampu memperlambat proses penuaan. Karena, menurut para ilmuwan antioksidan yang terdapat pada buah ceri merupakan tertinggi dengan 17 senyawa antioksidan. Selain itu, jus ceri juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa baca artikel kami lainnya di Cara Alami Hilangkan Jerawat

Kesehatan jantung
Sebuah studi di Universitas Michigan telah menemukan bahwa konsumsi buah ceri secara rutin dapat menurunkan semua risiko penyakit jantung, termasuk juga peradangan, lemak tubuh, dan kolesterol.

Ternyata, buah yang seringkali hadir diatas tart black forest ini menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Mulai dari sekarang rajin-rajinlah mengonsumsi buah ceri ya. Demikian informasi manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh Anda, semoga bermanfaat.