Cara Alami Hilangkan Jerawat

Tips Sehat dan Cantik - Semua orang menginginkan memiliki kulit wajah yang sehat, bersih, dan terhindar dari yang namanya jerawat. Namun, pada kenyataannya jerawat seringkali muncul disaat waktu yang tidak tepat dan itu membuat seseorang merasa terganggu atas kehadirannya. Nah, bagi Anda yang mempunyai masalah dengan jerawat, pada kesempatan ini kami akan membahas kepada Anda tentang cara alami hilangkan jerawat pada wajah.

Apa itu jerawat?
Jerawat adalah salah satu kondisi dimana pori-pori kulit mengalami penyumbatan yang pada akhirnya menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia. Bahkan, Kligmann yang merupakan seorang peneliti masalah jerawat di dunia berani berpendapat bahwa Tidak ada satu orang pun didunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Kemungkinan penyebabnya bisa saja dikarenakan oleh adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.

Cara Alami Hilangkan JerawatMunculnya jerawat bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti dibawah ini:
  • Adanya produksi minyak berlebih
  • Bakteri
  • Kosmetik
  • Obatan-obatan
  • Stres
  • Dll.
Untuk mengatasi jerawat sebenarnya sangat banyak. Mulai dari yang murah sampai dengan biaya yang mahal. Untuk orang yang berduit mungkin tidaklah mengapa meskipun harus merogoh kocek yang besar hanya untuk mengatasi jerawat. Namun, bagi orang yang mempunyai uang pas-pasan gimana coba? Tenang, masih banyak jalan kok.

Cara alami hilangkan jerawat merupakan salah satu cara yang pas dan aman untuk dilakukan bagi mereka yang merasa kurang sanggup untuk melakukan perawatan di salon kecantikan berkelas. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, biaya yang dekeluarkan pun tidaklah terlalu besar. Tetapi, cara alami itu biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan membutuhkan ketelatenan dalam melakukan perawatannya.

Cara Alami Hilangkan Jerawat


Daripada penasaran, ini dia 7 bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat.

1. Tomat
Tomat mempunyai rasa asam yang bisa digunakan untuk membantu mengeringkan jerawat. Tidak hanya itu, tomat juga mempunyai kandungan vitamin A, C, K, dan lycopene yang seringkali digunakan oleh kebanyakan produk kecantikan. Cara penggunaannya, cukup dengan mengiris tomat kemudian menempelkannya pada bagian wajah yang berjerawat. Selain itu, Anda pun bisa menjadikan tomat sebagai masker dengan cara melembutkannya.

2. Madu dan kayu manis
Seperti yang Anda ketahui bahwa madu seringkali dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Madu memiliki bahan anti-bakteri yang bisa membunuh bakteri dan menghilangkan jerawat. Sedangkan kayu manis memiliki minyak esensial yang bisa mengurangi terjadinya peradangan pada kulit berjerawat. Anda bisa menggunakan kedua bahan alami ini sebagai masker guna menghilangkan jerawat dan membantu membuat kulit lebih bersih.

3. Kentang
Selain nikmat saat disantap, rupanya kentang juga bisa memberikan sejumlah vitamin bagi kulit. Vitamin B dan C yang terdapat pada kentang bisa mempercepat proses regenerasi sel kulit mati. Selain itu, kentang juga mengandung niacin yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Selain menghilangkan jerawat, kentang mentah pun mampu mencerahkan kulit dan mencegah terjadinya kerutan.

4. Lemon
Lemon mengandung zat asam yang begitu tinggi yang dapat membantu menghilangkan bakteri serta membuat jerawat kering. Selain itu, lemon juga mampu memberikan efek menenangkan bagi kulit. Sementara kandungan vitamin C nya membuat kulit tampak lebih bercahaya. Anda bisa menempelkan kapas yang telah diberi cairan lemon kepada bagian kulit yang bermasalah.

5. Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin, sulfur, zinc, dan kalsium yang bisa membantu dalam membersihkan kulit yang bersifat antibiotik, serta anti-jamur. Cara penggunannya, hancurkan bawang putih terlebih dahulu kemudian campur dengan air dan oleskan pada kulit.

6. Mentimun
Mentimun mengandung 95 persen air. Hal ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori di kulit. Mentimun juga dapat digunakan untuk mencuci wajah karena adanya kandungan minyak ekstra yang dapat melembapkan. Caranya, hancurkan mentimun kemudian campur dengan air dan oleskan pada bagian wajah.

7. Minyak zaitun
Apabila Anda memiliki bekas jerawat serta bekas luka pada bagian wajah, cobalah gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dipercaya dapat membantu dalam meremajakan kulit serta mengembalikan bagian yang telah rusak yang diakibatkan oleh jerawat. Tambahkan sedikit garam pada minyak zaitun, kemudian oleskan pada kulit kemudian bilas sampai bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya tidaklah cukup dengan hanya melakukan perawatan yang telah kami sebutkan diatas apabila tidak dibarengi dengan menjaga pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat yang sebaiknya Anda lakukan bisa seperti dibawah ini.
  1. Minum air secukupnya sesuai kebutuhan.
  2. Hindari stres
  3. Rajin-rajinlah mengonsumsi sayur dan buah-buahan
  4. Cuci wajah dengan menggunakan air bersih.
  5. Rutin mencuci muka dengan menggunakan sabun khusus. Cukup 2x sehari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Ingat! jangan terlalu sering karena dikhawatirkan bisa menghilangkan kelembapan yang justru sangat dibutuhkan oleh kulit.
  6. Rajin berolahraga
  7. Facial wajah secara rutin bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat. Facial wajah secara rutin dalam 2 minggu sekali. Gunakanlah produk facial wajah yang sudah terdaftar di Badan POM.
Itulah cara alami hilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan dirumah tanpa harus repot-repot pergi ke salon kecantikan. Selain jerawat Anda teratasi, biaya yang dikeluarkan pun tidaklah terlalu besar. Apabila dengan cara diatas jerawat belum hilang juga, sebaiknya konsultasikan segera kedokter supaya bisa mendapatkan solusi yang tepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, mudah-mudahan jerawat Anda dapat teratasi.