Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Belimbing merupakan salah satu tumbuhan penghasil buah dengan bentuk yang sangat unik. Bentuk yang dimilikinya ini sungguh unik karena kalau kita belah akan tampak atau terlihat seperti bintang. Sehingga, tak heran kalau buah belimbing dalam bahasa inggris disebut dengan star fuit.

Belimbing merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari Negara India. Saat ini, buah belimbing sendiri telah tersebar keseluruh penjuru Asia termasuk Negara tercinta kita yakni Indonesia. Di Negara Indonesia, kebanyakan orang menanam pohon belimbing bukan hanya untuk dimakan buahnya saja melainkan sebagai peneduh dikala cuaca dapat memeras keringat. Untuk saat ini telah diketahui cara cepat dalam membudidayakan buah belimbing yaitu menanamnya di pot dengan cara stek. Sehingga meskipun umurnya baru beberapa bulan saja sudah bisa berbuah.

Manfaat Belimbing Bagi KesehatanSama halnya dengan jenis buah yang lainnya, bahwa buah belimbing memiliki kandungan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda setiap harinya. Kandungan nutrisi didalamnya meliputi karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, kalsium, potasium, dan zat besi. Tidak hanya itu saja, didalam beberapa penelitian pun telah menyebutkan bahwa satu buah belimbing dapat mengandung unsur-unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, seperti energi, gula, diet serat, lemak, asam pantotenat (vit. B5), folat (vit. B9 ), fosfor, dan seng.

Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit memberikan asam ini belum banyak dikonsumsi oleh penduduk Indonesia. Bukan karena sulit untuk mendapatkannya, namun bisa jadi karena mereka belum tahu betul seperti apa manfaatnya. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat belimbing bagi kesehatan yang belum diketahui oleh banyak orang.

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan


1. Melancarkan buang air kecil
Belimbing mempunyai kandungan air yang cukup banyak ditambah lagi dengan adanya kalium yang bermanfaat untuk melancarkan masalah buang air kecil. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Menurunkan kolesterol
Didalam belimbing terdapat kandungan pektin yang merupakan serat kasar, kolesterol dan asam empedu akan diikat oleh serat ini agar tidak masuk kedalam pembuluh darah. Sehingga, pada akhirnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda pun senantiasa akan menurun.

3. Mengatasi hipertensi
Pada umumnya, penderita hipertensi sering disarankan untuk mengonsumsi belimbing. Hal ini dikarenakan buah belimbing kaya akan serat terutama pektin yang mampu menyerap lemak sehingga ikut membantu dalam menurunkan tekanan darah.

4. Menangkal radikal bebas
Ternyata belimbing cukup efektif juga dalam hal menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu faktor utama munculnya penyakit kanker. Hal ini bisa terjadi karena belimbing merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidannya.

5. Mencegah rambut rontok
Adanya kandungan antioksidan dan vitamin C didalamnya membuat belimbing mampu memberikan nutrisi penting pada setiap helai rambut Anda. Serta, mencegah terjadinya kerontokan pada rambut kepala Anda.

Demikian manfaat belimbing bagi kesehatan yang bisa kami sajikan untuk Anda. Mudah-mudahan setiap artikel yang kami sampaikan disini bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru buat Anda.