5 Manfaat Minum Teh yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda termasuk orang yang suka minum teh di pagi hari? Jika demikian, berarti Anda tidak salah untuk menjadikan teh hijau sebagai minuman favorit Anda di pagi hari. Teradapat sekitar 12 penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa mengonsumsi teh bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan mood dan membuat orang bahagia.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari minum teh, diantaranya diantaranya adalah sebagai berikut ini.


1. Membuat bahagia
Salah satu hasil penelitian yang bisa dikatakan cukup mengejutkan adalah bahwa minum teh bisa membuat seseorang merasa bahagia. Hal ini dikarenakan teh mengandung L-theanine yang membantu otak memproduksi dopamine dan serotonin. Kedua zat kimia tersebut membuat orang merasa senang dan berbahagia. Namun, apabila Anda ingin mendapatkan manfaat terbarik dari minum teh, maka Anda harus mengkonsumsi minimal 3 sampai 5 cangkir teh setiap harinya.

2. Meningkatkan produktivitas
Minum teh hijau atau pun teh hitam sama baiknya untuk Anda, karena kedua jenis teh tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum 2 sampai 3 cangkir teh setiap hari memiliki kewaspadaan, ketajaman berpikir, serta fokus yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang tidak minum teh sama sekali. Ini tentunya sangat membantu Anda bekerja untuk lebih fokus dan akurat.

L-theanie dan kafein yang terdapat didalam teh mampu merangsang produksi gelombang alpha pada otak dan membuat orang meminumnya mendapatkan energi tambahan tanpa efek samping.

3. Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, maka Anda disarankan untuk minum teh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang gemar minumt teh hijau memiliki BMI dan rasio panggul yang lebih kecil. Tidak hanya itu, orang yang minum teh hijau juga memiliki lebih sedikit lemak dalam tubuhnya. Cukup dengan minum teh hijau saja, seseorang bisa membakar 100 kalori lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

4.  Memperkuat tulang
Bicara tentang mencegah osteoporosis, kebanyakan orang akan berpikir tentang susu. Padahal teh hijau juga bisa melindungi tubuh dari osteoporosis. Polyphenol dalah teh hijau bisa membantu produksi sel pembentuk tulang pada semua orang. Sementara antioksidan bernama flavanol yang ada di dalamnya bisa mencegah wanita mengalami tulang rapuh setelah menopause.

5. Baik untuk jantung
Anda punya masalah dengan kolesterol? Dengan teh hitam setidaknya bisa membantu Anda. Minum secangkir teh hitam setelah makan makanan berlemak atau junk food bisa membalikkan efek negatif dari makanan tersebut, seperti darah tinggi. Bahkan, efek dari teh hitam ini bisa langsung kita rasakan. Teh hitam ini bisa membantu Anda melonggarkan pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah. Ini akan menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung supaya tetap sehat.

Demikianlah 5 manfaat teh yang baru saja berhasil ditemukan oleh para peneliti. So, jangan ragau-ragu lagi untuk minum teh, karena teh bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi Anda. Selamat mencoba!