Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai manfaat bawang putih yang mungkin saja belum diketahui oleh Anda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bawang putih memiliki warna putih, sedangkan bawang merah memiliki warna merah. Tanaman yang dikenal dengan nama latin Allium sativum merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tengah dan termasuk kedalam keluarga Liliacea.

Pada umumnya, bawang putih seringkali digunakan sebagai bumbu dapur alias sebagai penambah citarasa pada setiap masakan. Namun, dibalik kegunaannya itu ternyata bawang putih juga menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Bahkan, orang-orang zaman dulu pun telah menggunakan bawang putih sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Bawang putih mengandung gizi cukup banyak yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya adalah vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, sodium, seng, mangan, selenium, lemak, protein, beta karoten, karbohidrat, niacin, folat, thiamine, riboflavin, asam pantotenat, dan diet serat.

Banyaknya kandungan gizi yang tersimpan didalamnya membuat bawang putih memiliki khasiat atau pun manfaat yang cukup banyak yang berguna untuk kesehatan Anda. Beberapa manfaat yang bisa didapat diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan


1. Menjaga kesehatan
Mengonsumsi satu ataupun dua siung bawang putih dalam sehari mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh yang meliputi jantung, hati, metabolisme, mencegah kanker, melawan bakteri, dan juga virus.

2. Menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat bisa Anda lakukan dengan mengiris satu siung bawang putih kemudian oleskan pada jerawat setiap hari secara rutin. Kandungan anti-bakteri didalam bawang putih mampu menghilangkan jerawat secara alami.

3. Menyembuhkan demam
Anda terkena demam? Cobalah haluskan bawang putih dan seduh dengan menggunakan air panas. Minum air tersebut untuk meredakan demam yang diderita. Selain itu, minuman tersebut juga mampu meredakan batuk. Mengonsumsi tiga siung bawang putih mentah juga ampuh untuk mencegah demam saat musim penyakit itu tiba.

4. Mengobati luka kering
Untuk mengobati luka kering caranya hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat. Dengan begitu, kulit Anda pun akan terbebas dari luka kering yang sering mengganggu dan terkadang menimbulkan rasa sakit.

5. Mengobati jamur di kaki
Apabila Anda mempunyai jamur pada bagian kaki, rendamlah kaki Anda pada air hangat yang telah diberi campuran bawang putih selama kurang lebih setengah jam untuk mengatasinya.

6. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan didalam bawang putih bisa digunakan untuk membantu mencegah terjadinya kanker. Apabila Anda termasuk orang yang suka merokok, Anda bisa mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dari kanker.

7. Mengontrol berat badan
Ahli gizi Cynthia Sass telah melakukan sebuah penelitian mengenai bawang putih. Ia menyebutkan bahwa tikus yang makan bawang putih menunjukkan adanya pengurangan berat badan dan penyimpanan lemak. Disarankan untuk memasukan bawang putih pada setiap masakan Anda. Selain memperkaya citarasa pada masakan, bawang putih juga bisa membuat pinggang Anda tetap ramping.

8. Melancarkan peredaran darah
Mengonsumsi bawang putih disinyalir mampu membantu melancarkan sistem peredaran darah sekaligus membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat.

9. Melembutkan kulit
Bawang putih mengandung senyawa Allicin yang bisa membantu melembutkan kulit dan membuatnya tampak halus. Anda bisa menggunakannya sebagai masker alami pada wajah Anda untuk mendapatkan kulit lembut nan alami.

10. Melawan penuaan dini
Mengonsumsi bawang putih dapat menyingkirkan garis-garis halus dan keriput pada bagian wajah. Gunakan bawang putih sebagai masker wajah dan oleskan secara rutin setiap seminggu sekali.

11. Hilangkan komedo
Cara alami menghilangkan komedo bisa Anda coba dengan menggunakan bawang putih sebagai masker. Haluskan beberapa siung bawang putih kemudian sapukan pada daerah yang berkomedo.

12. Menghapus bekas selulit
Bekas selulit disekitar pantat, paha, dan perut bisa Anda hilangkan dengan menggunakan bawang putih.

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Mulai dari sekarang tidak ada salahnya untuk menyediakan bawang putih di dapur Anda. Selain manfaat yang didapat cukup banyak, bawang putih juga termasuk bumbu dapur yang awet tanpa perlu khawatir membusuk. Usahakan untuk selalu menyimpannya ditempat yang kering supaya bisa bertahan lebih lama.