10 Makanan Sehat Ini Sebaiknya dikonsumsi Setiap Hari

Tips Sehat dan Cantik - Mengonsumsi makanan sehat disetiap harinya sangatlah dianjurkan. Hal ini dikarenakan makanan yang masuk kedalam perut kita mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kesehatan tubuh kita nantinya. Bila makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi, maka tubuh kita akan senantiasa terjaga kesehatannya. Sedangkan bila makanan tak sehat masuk kedalam perut, maka besar kemungkinan tubuh kita akan mudah mengalami gangguan kesehatan.

Biar lebih mudah dalam menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya 10 makanan sehat ini dikonsumsi disetiap harinya. Apa saja 10 makanan sehat tersebut?
makanan sehat setiap hari
Ilustrasi makanan sehat via 1aled.fotomaps.ru
1. Brokoli
Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan folat dan lutein antioksidan yang bermanfaat untuk menunda perkembangan degenerasi macula (AMD) dan fitokimia yang disebut sulphoraphane (memiliki sifat kanker).

2. Buah berry
Semua jenis berry yang Anda pilih sama baiknya bagi kesehatan tubuh Anda. Buah berry yang terdiri dari strawberry, blackberry, dan blueberry tidak hanya rendah akan kalori saja. Namun, buah berry juga mengandung jumlah antioksidan dan serat yang cukup untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.



3. Ikan
Ikan tuna atau salmon yang masih segar memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Asam lemak omega 3 ini memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan. Seperti mengurangi tekanan darah, proses inflamasi dalam tubuh, dan trigliserida.

4. Tomat
Tomat dikenal memiliki jumlah vitamin C dan beta karoten yang tinggi. Sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa tomat yang telah dimasak malah justru mengandung lycopene yang tinggi sehingga diklaim mampu meminimalisir risiko kanker pankreas dan kanker perut.

5. Paprika merah
Paprika banyak mengandung vitamin C dan juga sebagai sumber karotenoid. Penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi karotenoid semasa hidupnya akan memiliki risiko lebih kecil untuk menderita sakit jantung, stroke, dan kanker.

6. Sup sayur
Memang tidak banyak orang yang suka dengan sup sayur. Namun, sebuah studi dari The Pennsylvania State University menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi 25 persen lebih sedikit kalori ketika makan sup dapat mengurangi berbagai risiko penyakit.

7. Cokelat hitam
Dibandingkan dengan teh, cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, dan phytochemical sedikit lebih tinggi. Hanya saja, Anda harus bisa mengendalikan jumlah konsumsinya.

8. Kacang kenari
Tidak banyak yang tahu bahwa kacang kenari sebenarnya memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi kacang kenari sebanyak 30 gram disetiap harinya, maka hal itu akan mengoptimalkan komposisi dinding sel dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat.

9. Yogurt
Makanan olahan susu yang satu ini juga baik dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk memperbaiki saluran pencernaan dengan cara menyeimbangkan bakteri sehat di dalam usus.

10. Teh hijau
Minuman yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Teh hijau tinggi akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan.

10 Makanan sehat diatas sangat baik untuk dikonsumsi disetiap harinya. Namun, jangan berlebihan juga dalam menikmatinya.