10 Macam Manfaat Kesehatan dari Cokelat Hitam

Apakah Anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang suka makan cokelat? Kalau iya, sebaiknya Anda pertahankan kesukaan Anda yang satu ini. Karena selain nikmat dan lezat. cokelat juga kaya akan manfaat yang tentunya sangat berguna terhadap kesehatan tubuh kita.

Ada banyak memang jenis cokelat didunia ini, salah satunya adalah cokelat hitam. Nah, apa saja sih manfaat dari mengonsumsi cokelat hitam itu? Mari kita simak bersama, dibawah ini terdapat 10 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi cokelat hitam.

Manfaat Kesehatan dari Cokelat Hitam

1. Meningkatkan kesehatan stroke
Bagi orang yang suka makan cokelat tentu ini akan menjadi kabar yang menggembirakan. Pasalnya, makan cokelat bisa meningkatkan kesehatan jantung, seperti menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol jahat, serta risiko serangan jantung. Selain itu, cokelat hitam juga merupakan agen inflamasi yang menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Menurunkan risiko diabetes
Sebuah penelitian yang dilakukan dalam skala kecil pada tahun 2005 menyebutkan bahwa makan cokelat secara rutin mampu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga risiko terserang diabetes akan menurun.

3. Menurunkan risiko stroke
Penelitian dari swedia yang telah dilakukan pada tahun 2011 membuktikan bahwa mengonsumsi cokelat 45 gram sehari selama seminggu ampun menurunkan risiko stroke sebesar 20 persen.

4. Membuat perut lebih kenyang
Cokelat hitam mengandung serat tinggi sehingga membuat Anda lebih kenyang saat memakannya. Makan cokelat hitam pun mampu menurunkan kebiasaan Anda ngemil makanan manis, asin, dan berlemak.

5. Melindungi kulit
Manfaat kesehatan berikutnya dari makan cokelat adalah melindungi kulit kita dari sinar matahari karena terdapat senyawa flavonoid dalam cokelat yang merupakan antioksidan yang memerangi radikal bebas. Tetapi Anda tetap harus mengoleskan tabir surya ketika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan.

6. Meningkatkan rasa mood
Menikmati sebuah cokelat sekali-kali tentu mampu membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga rileks. Pasalnya, menikmati makanan adalah salah satu cara menjalani kehidupan yang menyenangkan. Jadi, ambil cokelat hitam Anda dan rasakan manfaatnya dalam memperbaiki mood Anda.

7. Melancarkan peredaran darah
Cokelat mempunyai sifat sebagai anti-penggumpalan darah yang bekerja seperti aspirin. Sehingga, makan cokelat akan melancarkan peredaran dan sirkulasi darah dalam tubuh.

8. Meningkatkan Konsentrasi
Selain mampu melancarkan sistem peredaran darah, makan cokelat juga bisa membantu Anda lebih sadar dan waspada. Sehingga, kalau sekiranya Anda sedang melakukan sesuatu dan membutuhkan konsentrasi lebih untuk mengerjakannya, cobalah mengonsumsi cokelat supaya Anda bisa lebih berkonsentrasi.

9. Meningkatkan penglihatan
Karena cokelat mampu memberikan kelancaran terhadap peredaran darah, khususnya di sekitar otak. Penelitian dari University of Reading menduga bahwa cokelat mungkin saja meningkatkan aliran darah ke daerah retina. Sehingga penglihatan Anda akan terasa lebih baik berkat rajin makan cokelat hitam.

10. Meredakan batuk
Cokelat mengandung senyawa theobromine yang mampu membantu Anda untuk meredakan batuk. Senyawa tersebut tepatnya untuk mengurangi aktivitas pada saraf di otak yang mampu memicu terjadinya batuk.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi cokelat. Ingat ya, konsumsilah cokelat dalam batas yang wajar supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.