Inilah 7 Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan

Tips sehat dan cantik kali ini akan berbagi informasi mengenai manfaat blueberry untuk kesehatan. Dimana buah yang satu ini seringkali kita jumpai pada beberapa jenis makanan, namun tidak mengetahui secara pasti terhadap manfaat yang akan di peroleh dari buah mungil yang satu ini.

Blueberry merupakan tanaman berbunga yang pada umumnya senantiasa tumbuh di wilayah Amerika Utara. Tumbuhan ini mempunyai daun yang menyerupai bel dengan warna merah, murah muda, putih, bahkan ada pula yang berwarna kehijau-hijauan.

Blueberry mengandung beberapa kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa kandungan nutrisi tersebut diantaranya adalah zat besi, kalsium, mangan, fosfor, kalium, dan seng. Serta beberapa jenis vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, buah yang termasuk kedalam keluarga buah beri ini cukup terkenal dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga tidaklah mengherankan kalau mengonsumsi buah yang satu ini bisa memberikan manfaat yang baik terhadap kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Bluberry Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Blueberry yang terbaik
Ilustrasi foto: alexandersblueberries.com
Menangkal radikal bebas
Kandungan antioksidan didalamnya sangat bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang masuk kedalam tubuh Anda. Sehingga, dengan adanya zat antioksidan inilah risiko untuk terserang penyakit jantung dan hati bisa di minimalisir. Selain itu, antioksidan juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mencegah kanker
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa blueberry mempunyai manfaat untuk mengurangi kanker usus, kanker payudara, dan juga kanker kerongkongan. Hal ini dikarenakan zat antioksidan pada blueberry dapat mencegah terjadinya sel kanker untuk berkembang.

Kurangi risiko diabetes
Anthocyanin merupakan salah satu zat antioksidan yang berperan memberikan warna biru pada buah blueberry. Bukan hanya itu saja, anthocyanin juga mampu berperan dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini karena zat yang satu ini dapat mengurangi kadar gula darah yang ada pada tubuh Anda.

Anti-penuaan
Manfaat bluberry selanjutnya adalah sebagai anti-penuaan. Antioksidan yang terkandung didalam buah blueberry bisa juga untuk membantu mengurangi kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas inilah yang mempunyai tanggungjawab besar atas terjadinya proses penuaan dini. Jadi, apabila Anda ingin mencegah terjadinya proses penuaan dini, cobalah untuk mengonsumsi buah yang satu ini atau bisa juga mengonsumsi buah-buahan lainnya yang banyak mengandung zat antioksidan didalamnya.

Meningkatkan kemampuan memori
Minum jus blueberry setiap hari secara rutin dapat meningkatkan kinerja otak Anda dalam hal mengingat. Selain itu, blueberry juga berfungsi sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit demensia di usia senja.

Merawat kesehatan mata
Gangguan kesehatan yang terjadi pada organ mata, baik itu katarak, miopa, atau pun degenerasi makula, semuanya bisa di minimalisir dengan mengonsumsi bluberry secara rutin. Untuk merawat kesehatan mata secara lebih lengkap, silahkan simak artikelnya di » Cara Mudah Merawat Kesehatan Mata

Menjaga sistem pencernaan
Bluberry bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan Anda supaya tetap dalam kondisi terbaiknya. Hal ini dikarenakan pada blueberry terdapat kandungan serat yang cukup banyak dan berfungsi untuk mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu, kandungan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin, asam, dan fruktosa dapat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan.

Meskipun buahnya kecil, namun manfaat bluberry terhadap kesehatan tubuh ternyata jauh lebih besar ya dibandingkan dengan bentuk fisik yang dimilikinya. Semoga artikelnya bermanfaat dan jangan lupa untuk mengonsumsi bluberry di setiap harinya, ya.