6 Makanan Pencegah Uban di Usia Muda

Tips Sehat dan Cantik – Pada umumnya, rambut uban hanya terjadi pada seseorang yang telah lanjut usia. Namun, untuk saat ini rambut uban tidak hanya terjadi kepada mereka yang telah berusia lanjut saja melainkan rambut beruban juga mulai di temukan pada mereka yang masih remaja. Banyak faktor yang bisa memengaruhi kenapa seorang remaja bisa beruban, beberapa diantaranya adalah faktor pikiran (stres), makanan, dan yang terakhir adalan faktor genetik.

Orang yang sudah tua memang tidaklah mengapa rambutnya mulai memutih. Namun bagi seorang remaja, tentu hal tersebut bisa membuat sebagian dari mereka merasa tidak nyaman, kurang percaya diri sehingga berpengaruh terhadap kehidupannya. Untuk mencegah terjadinya uban di usia yang masih remaja, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memerhatikan setiap makanan yang dikonsumsi.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang dapat diandalkan untuk mencegah terjadinya uban di usia remaja. Apa saja makanannya? Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda coba untuk membantu mencegah terjadinya uban.

Makanan Untuk Mencegah Uban

Makanan Pencegah Uban di Usia Muda
Ilustrasi foto: Shutterstock/Lars Zahner
1. Telur
Telur mengandung cukup banyak vitamin B12 yang sangat diperlukan untuk mempertahankan warna rambut. Dengan vitamin B12 inilah darah Anda akan terbebas dari radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab rambut Anda cepat beruban.

2. Bayam
Sayuran kesukaan tokoh kartun Popeye, yaitu bayam dapat membantu menghasilkan pigmen yang mampu mempertahankan warna asli rambut. Untuk itu jangan lupa untuk memasukan bayam pada menu harian Anda.

3. Buncis
Kandungan mineral protein yang ada pada buncis cukup banyak dan itu sangat bermanfaat untuk menyuburkan rambut Anda. Perlu di ketahui juga bahwa rambut itu terdiri dari protein sehingga memenuhi asupan protein setiap harinya merupakan salah satu hal yang sangat penting.

4. Hati
Salah satu penyebab utama dari uban prematur adalah karena kurang terpenuhinya asupan mineral zat besi di setiap harinya. Untuk itu, Anda harus memasukan makanan yang menjadi sumber mineral zat besi pada menu harian Anda. Makanan yang kaya akan kandungan zat besi bisa Anda dapatkan dari hati.

5. Tiram
Untuk mempertahankan warna asli rambut serta menjaga supaya rambut tetap kuat maka sangat dibutuhkan yang namanya mineral seng. Kekurangan jenis mineral yang satu ini bisa menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon yang pada akhirnya dapat memicu munculnya uban prematur. Untuk itu konsumsilah beberapa jenis makanan yang banyak mengandung mineral seng, seperti tiram dan juga kerang.

6. Berries
Berries mengandung cukup banyak vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan demikian, rambut Anda pun akan memperoleh pasokan darah segar yang akan membuatnya tetap dalam kondisi sehat.

Itulah beberapa makanan yang dapat mencegah terjadinya uban di usia muda. Apabila rambut Anda memiliki uban, maka cobalah makan-makanan yang telah disebutkan diatas.