Cara Alami dan Mudah Hilangkan Komedo

Bagi sebagian besar orang, komedo sering dianggap sebagai sesuatu yang sangat menjengkelkan. Hal ini dikarenakan munculnya komedo seringkali mengganggu terhadap penampilan. Komedo yang muncul di bagian hidung akan membuatnya menjadi kasar, selain itu bintik-bintik yang ada membuat Anda tidak begitu percaya diri.

Komedo  merupakan penumpukan kotoran yang terjadi pada pori-pori kulit. Bagian yang sering terkena komedo adalah hidung dan juga sekitar mata. Komedo sendiri terbagi kedalam 2 jenis, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam merupakan salah satu jenis komedo yang sering dialami oleh kebanyakan orang, sedangkan komedo putih biasanya berupa tonjolan kecil yang berada di bagian bawah epitel kulit. Untuk mengeluarkan komedo putih biasanya sedikit sulit dan memerlukan bantuan dokter kecantikan.

Komedo bisa terjadi dikarenakan pori-pori terbuka yang memungkinkan untuk masuknya kotoran dan debu menumpuk selama beberapa waktu tertentu. Tidak hanya dengan polusi, penggunaan minyak berlebih dan terlalu sering menggunakan kosmetik bisa juga menyumbat pori-pori.

Cara Menghilangkan Komedo


Cara Alami dan Mudah Hilangkan Komedo

Cara menghilangkan komedo memang gampang-gampang susah. Namun yang pasti, perawatan yang rutin bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah komedo. Untuk menghilangkan komedo, Anda bisa ikut tips sederhana seperti dibawah ini.



1. Rutin membersihkan wajah merupakan langkah yang paling efektif dan paling mudah untuk dilakukan dalam usaha menghilangkan komedo.
2. Hindari mencuci muka dengan menggunakan bahan kimia. Untuk mencuci muka, gunakanlah sabun yang mengandung asam salisilat yang berfungsi untuk mengangkat lemak di hidung yang memicu munculnya komedo.
3. Lakukan scrub bisa mengangkat sel kulit mati dan menghidupkan sel kulit yang baru.

Selain cara diatas, Anda juga bisa dengan menggunakan cara lain untuk menghilangkan komedo. Cara alami dan mudah hilangkan komedo bisa Anda ikuti tipsnya seperti berikut ini.

1. Putih telur
Pada bagian putih telur mengandung protein yang cukup tinggi yang bisa menghaluskan kulit wajah dan membuatnya lebih cerah. Untuk menghilangkan komedo pada bagian wajah, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti putih telur. Caranya, cukup balurkan putih telur pada bagian wajah dan hidung yang seringkali menjadi sarang komedo. Lalu diamkan hingga kering. Setelah itu, basuhlah dengan air sampai bersih.

2. Lidah buaya
Khasiat lidah buaya untuk kecantikan memang tidak perlu diragukan lagi. Menghilangkan komedo dengan menggunakan lidah buaya adalah cukup dengan mengoleskan gel yang ada didalam batang lidah buaya ke bagian wajah. Diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih.

3. Lemon
Lemon mengandung vitamin C, flavonoid, dan asam sitrat yang rupanya berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, noda hitam, melepas sel kulit mati, serta mengurangi minyak berlebih. Caranya, cukup oleskan perasan lemon pada kulit wajah yang terdapat komedo. Cara yang satu ini disarankan untuk dilakukan pada malam hari menjelang tidur. Usapkan dan biarkan hingga pagi hari. Lakukan perawatan yang satu ini secara rutin dan teratur.

4. Pepaya
Buah pepaya cukup terkenal manfaatnya untuk kecantikan. Tak jarang, akhir-akhir ini banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan alaminya. Untuk kecantikan, buah pepaya ini sering di jadikan sebagai masker. Tujuannya adalah untuk mengencangkan, mengaluskan, dan memutihkan kulit. Selain itu, pepaya juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo dari pori-pori wajah. Supaya manfaat yang didapatkan lebih maksimal, kami menyarankan kepada Anda untuk mencampurkan susu dan juga madu pada masker pepaya tersebut.

5. Pasta gigi
Tahukan kalau pasta gigi itu fungsinya untuk apa? Namun, tahukah Anda bahwa pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilankan komedo. Kandungan flouride pada pasta gigi bisa membantu meredakan komedo yang meradang, yang biasanya disebabkan oleh infeksi.

6. Tea tree oil
Tea tree oil memang telah dikenal sebagai penghilang jerawat dan juga mengatasi noda hitam yang membandel. Selain itu, tea tree oil juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo dari wajah. Cukup dengan mengusapkan pada bagian-bagian yang rawan terkena komedo secara rutin. Sebelum menggunakannya, disarankan untuk membersihkan komedo terlebih dulu.

7. Kacang kedelai
Kacang kedelai bisa juga Anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya, ambil beberapa kedelai untuk dibuatkan jus. Setelah itu, gunakan sebagai masker pada wajah Anda. Diamkan kurang lebih 20-30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Perawatan sederhana lainnya untuk menghilangkan komedo secara alami.

1. Biasakan untuk membersihkan wajah Anda dengan pembersih sebelum beranjak tidur.
2. Gunakanlah masker yang bisa membantu Anda untuk menghilangkan komedo.
3. Lakukan secara teratur steam wajah Anda untuk membuka pori-pori.

Tidak ada cara yang instan untuk terhindar dari komedo. Wajah cantik dan mulus bisa Anda dapatkan ketika Anda melakukan perawatan kecantikan yang mudah secara rutin. Demikian cara alami dan mudah hilangkan komedo untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!