Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat dan Cantik - Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang telah diketahui banyak mengandung manfaat yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Buah alpukat sendiri berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah alpukat mempunyai tekstur kulit lembut yang tidak rata dan berwarna hijau tua sampai ungu kecoklatan, hal ini tergantung bagaimana varietasnya.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Banyaknya kandungan gizi yang tersimpan didalamnya membuat buah yang satu ini cukup banyak penggemarnya, selain itu buah alpukat juga sangatlah mudah untuk didapatkan. Buah alpukat sendiri mengandung 11 vitamin dan 14 mineral. Disamping itu, alpukat juga kaya akan vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, protein, dan potasium.

Buah alpukat bisa disajikan dalam bentukan makanan atau pun minuman. Buah yang enak dan lezat saat disantap ini mempunyai beragam manfaat yang bisa menyehatkan tubuh Anda. Selain itu, buah alpukat juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk produk kecantikan. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah alpukat diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Menurunkan kolesterol jahat
Mengonsumsi buah alpukat diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu saja, buah alpukat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada didalam tubuh.

2. Mengontrol gula darah
Didalam buah alpukat terdapat lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu tubuh Anda dalam mengatasi resistensi insulin, sehingga hal ini bisa mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, kandungan serat didalamnya pun bisa berguna untuk mempertahankan tingkat gula darah.

3. Mengontrol tekanan darah
Adanya potasium yang tersimpan didalam buah alpukat membuat buah yang satu ini bisa membantu Anda dalam menurunkan sekaligus mengontrol tekanan darah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tekanan darah tinggi mampu memicu terjadinya penyakit lain seperti stroke.

4. Mencegah kanker
Sebuah studi mengatakan bahwa ekstrak alpukat mampu membunuh sekaligus menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang bisa memicu terjadinya kanker mulut. Menurut beberapa peneliti, buah alpukat juga bisa mencegah beberapa jenis kanker lainnya.Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C, vitamin E, dan Antioksidan.

5. Mencegah peradangan
Selain rasanya yang nikmat, sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa alpukat mengandung beberapa nutrisi yang bisa membantu dalam mencegah timbulnya peradangan. Dengan begitu, Anda pun bisa memanfaatkan buah alpukat untuk mencegah penyakit lainnya yang masih ada kaitannya dengan peradangan pada tubuh.

6. Meningkatkan berat badan
Untuk meningkatkan berat badan secara sehat, maka konsumsilah buah alpukat. Kenapa? Buah alpukat mengandung kalori yang cukup banyak serta terdapat pula nutrisi yang cukup banyak yang bisa membantu menaikkan berat badan Anda. Ingin berat badan bertambah? Konsumsilah buah alpukat secara rutin. Sedangkan apabila Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya baca artikel kami di Cara Mudah Turunkan Berat Badan Dengan Jalan Kaki

7. Menangkal radikal bebas
Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa kandungan minyak yang ada pada buah alpukat bisa menembus kedalam mitokondria yang merupakan salah satu bagian penting dari fungsi sel tubuh yang dapat mengubah makanan menjadi energi.

8. Menyehatkan kulit dan rambut
Minyak alpukat seringkali digunakan pada kosmetik untuk melembapkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, alpukat juga mengandung bahan alami yang bisa membuat rambut tetap sehat dan tampak indah. Kandungan vitamin E didalamnya mampu melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari.

9. Membersihkan kulit
Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin A yang membantu untuk mengangkat sel kulit mati dari tubuh Anda. Minyak alpukat sangat mudah sekali untuk diserap oleh kulit sehingga mampu memberikan nutrisi penting pada lapisan kulit.

Itulah 9 manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain rasanya yang enak, alpukat juga bisa disajikan dalam berbabagai bentuk. Disamping itu, mengonsumsi buah alpukat juga bisa memberikan banyak nutrisi penting kedalam tubuh Anda.